Cara Membuat Menu Planner

Hai mommies..

Mengatur atau merencanakan menu bulanan atau mingguan itu sesuatu hal yang paling penting buat full time home business worker n stay home mom apalagi kalau nggak punya personal helper n homeschooling at the same time seperti saya. Tapi menurut saya, hal ini penting sekali untuk semua Ibu/Keluarga untuk punya Menu Planner, untuk merencakanan Menu Makanan Bulanan. Bedanya antara membuat dan mengikuti menu yang sudah direncanakan dan tidak seperti antara berhemat waktu berjam-jam ngubek-ubek dapur nyari bumbu yang nggak keliatan sambil mikir duduk (anak rewel), mau masak apa hari ini, belum lagi, nenggok isi dapur n kulkas, ada nggak bahan yang mo dimasak VS dipagi hari turun ke dapur dan jam 6.30 (dalam waktu 30 menit) sudah kelar masak (slow cooker), atau kalau makan Raw atau versi cooked yg bukan pake slow cooker, tinggal nyisihin15-30 menit didapur nyiapin lunch, dinner bahkan snacks! (well, kalau masaknya agak super duper yummy, butuh persiapan 1 jam dengan catatan, nggak bakal pusing juga karena semuanya sudah tersedia). Asik banget kan.. ^_^

Menu planning ini sudah saya jalankan sejak menikah, dan ini jadi kewajiban di keluarga kami (awalnya lagi-lagi diajarin suami gimana bikin menu planning), alhamdulillah banget, punya suami yang bisa nuntun semua-muanya, termasuk urusan perempuan n masak juga.

Seiring tahun berjalan n jadi veteran mommy, menu planning keluarga kita berjalan bulanan bukan mingguan karena lebih mudah untuk penggunaan dan mempersiapkan segala sesuatunya, tetapi menu yang saya lampirkan di tracker folder saya adalah print menu mingguan dengan menu bulanan saya filling di household binder dan ditempel di dinding dapur. Resep hari ke hari untuk menu bulanan ada yang berulang setiap minggu, ada yang berulang 2 minggu sekali, dan ada yang cuma sebulan sekali. Gunanya punya menu mingguan ala saya, karena di menu tersebut sudah tercantum daftar belanja sesuai kategori, yang tinggal saya cocokkan dengan daftar belanja di dapur (barang habis setiap harinya) yang langsung saya catat ketika saya beraktifitas di dapur (saya catat di running to buy list dengan kategori pasar, supermarket, dll).

menu planner

Tuk menambah koleksi makanan, tetap saja tiap minggu saya nyisain hari Minggu khusus untuk nyobain bikin makanan baru.

Salah satu hal yang paling penting dalam menu planning dan penggunaannya adalah konsisten dalam menggunakan, tidak tergoda dengan pengen masak sesuatu yang lain terutama di hari yang kita tau kita bakalan sibuk dan tidak punya waktu dan keharusan punya planner yang terorganisir. Nah kalo masalah mengorganisir menu planner, saya paling suka pake planner cantik-cantik yang bisa di download gratis di berbagai website, yang saya pakai 1 tahun terakhir ini adalah menu planner dari Carmona, karena menurut saya paling cocok dengan dinamika persoalan makanan di keluarga kami yang sizenya super jumbo!

Ini video singkat cara saya menyusun menu planning

Let’s make the most ouf our very little mommy time!

Love you …

Deasi

 

Leave a Reply

