Resep Lentils Pedas

Masakan India terutama versi Vegannya selalu jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu resep-resep barunya di keluarga kami. Nggak usah diceritain deh kenapa kita suka banget sama makanan dari negara satu ini.. puanjangg ceritanya..tapi satu yang paling penting, makanan mereka komplit nutrisinya, mengenyangkan juga bikin ngiler “mouth watering” alias enak!

Hari ini seperti biasanya, karena hari Minggu, adalah hari spesial saya tuk nyobain resep baru, yey…!

Tadinya, males banget mo masak, soalnya ingat di kulkas masih ada Matar Paneer, juga Domoda (Frozen), biasanya sisa-sisa makanan yang saya bekukan, akan jadi santapan quick food kalo anak-anak kelaparan atau mommy nih kelaparan ;-). Tapi berhubung suami udah bertahun-tahun maunya cuma makan fresh food, jadi saya harus putar otak nih, mending bikin sesuatu yang sederhana bikinnya gampang seperti biasa, yummy is a must dan bernutrisi juga.

Ngubek Kulkas cuma nemu chili dan daun-daunan aja, dan sederet kacang dan biji-bijian termasuk lentils.. Jadilah nyari resep-resep Lentils.

Lentils Pedas

Ini dia modifikasi ala Messy Mommy

Lentils Pedas

Bahan:
2 1/2 cup Lentils hitam yang sudah dimasak sebelumnya (bisa diganti dengan chickpeas atau kacang hijau kupas dengan jumlah yang sama)
4 kentang potong dadu
1 paprika atau ganti dengan cabe merah besar atau cabe hijau besar (keluarkan biji dan tidak usah dirajang agar tidak pedas)
1 Bawang bombay (rajang)
4 siung bawang putih (serut/ulek)
120ml tomat puree (blender) atau paling enak pake saos tomat homemade kalau nggak ada ganti dengan saos tomat botol tapi kurangi menjadi 100ml dan tambahkan 2 tomat besar potong dadu.
1 sdt jahe parut
2 sdt jintan bubuk
3/4 sdt cabe bubuk (bukan yg super pedas) atau kurangi sesuai selera
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt paprika bubuk
1 sdm Ketumbar bubuk
1 sdt garam masala (tersedia sudah jadi atau bisa diracik sendiri)
2/3 cup air kaldu sayur (saya pakai air rebusan lentils ditambah rebusan seledri, dll) kalau tidak ada bisa diganti dengan air rebusan lentils ditambah kaldu vegetarian sedikitt saja 1/8 sdt atau kaldu ayam non msg
Air perasan dari 1 buah jeruk nipis, pake lemon ok, tapi paling nendang pake air jeruk nipis
Garam dan lada hitam secukupnya

Cara Memasak:
Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak zaitun, masukkan bumbu bubuk, tumis sebentar hingga keluar bau harumnya, masukkan lentils yang sudah dimasak dan kentang, tumis 1 menit hingga bumbu meresap. Masukkan bahan lainnya. Masak hingga kentang matang selama kurang lebih 30 menit. Sajikan dengan nasi dan salad atau dengan Roti Naan.

Versi Slow cooker
Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak zaitun, masukkan bumbu dan semua bahan lainnya ke slow cooker dengan setingan high/paling panas, masak selama kurang lebih 3-5 jam tergantung potongan besar kecilnya dadu kentang Anda, untuk amannya, saya pake setingan high 3.5 jam.

Selamat Mencoba…

Deasi

ps: saking enaknya, saya nyomot sajian yang saya sediakan untuk suami, ehh… saya langsung dimintain ganti, ganti nambah roti Naan dan nambah lentils pedasnya! Yummy Lunch = Happy Honey, Happy Mommy, Happy Kids

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s