Green Daddy Solar Cooker Project part I

Semingguan ini, DH ada di GMS karena lagi ngerjain solar cooker project, yang sebenarnya bisa sih dibikin di EF, tapi berhubung, sparepartnya banyakan di kota, dan masih nyari-nyari beli dimana, dll, jadinya dibikin di GMS.

Apa sih Solar Cooker itu? Solar Cooker punya nama lain juga yaitu Solar Oven, kita lebih milih manggilnya solar cooker, karena multifungsinya yang bukan untuk memanggang saja/oven baked, tapi bisa juga untuk memasak berbagai hal.

solarcooker dh
Solar Cooker Green Daddy (versi in the making)
solarcooker dh2
Solar Cooker Green Daddy versi in the making (tampak belakang)

solarcooker3 solarcooker2 solar cooker 1

Nah Solar Cooker itu adalah alat yang menggunakan energi langsung dari matahari (panas sinar matahari) untuk memanaskan, memasak, atau untuk pasteurisasi makanan atau minuman, termasuk tuk mensterilkan minuman (kata lainnya).  Solar cooker yang beredar di pasaran termasuk yang sudah bertahun-tahun dipakai oleh berbagai masyarakat terutama di negara ketiga, adalah jenis solar cooker yang murah dan mudah dibuat. Sekarang karena masalah sumber energi yang bertambah parah, solar cooker ini menjadi perhatian penting berbagai organisasi non profit termasuk pemerintah untuk mempromosikan penggunaannya. Bayangkan saja, jika kita apalagi di Indonesia, sebagai negara yang mandi sinar matahari dihampir sepanjang tahunnya bisa sangat mengurangi penggunaan sumber energi untuk keperluan dapur dari penggunaan solar cooker ini. Bayangkan berapa tahun kita bisa menghemat cadangan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui untuk kepentingan yang lebih penting. Selain itu, solar cooker ini tidak pandang bulu, alias karena mudah dan murahnya, bisa dibuat dan dipergunakan oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari miskin hingga kelas atas.

Bagaimana sih konsep cara kerja Solar Cooker ini:
1. Mengkonsentrasikan Cahaya Matahari dengan merefleksikan kaca atau benda dari besi, atau film yang bisa mengkonsentrasikan cahaya dan sumber panas matahari ke tempat memasak. Dengan mengkonsentrasikan sumber panas, sama dengan meningkatkan daya panas yang dihasilkan.
2. Mengkonversi cahaya menjadi panas.
3. Menjebak panas dengan cara mengisolasi tempat memasak agar efektif pemanasan yang dihasilkan.
4. Menciptakan efek green house dengan bahan transparan dan atau kaca untuk masuknya sinar matahari dan menjaga panasnya agar tidak keluar.

Nah sederhana banget kan ^_^

Berikut banyak manfaat dari solar cooker selain yang saya sebutkan di atas:
1. Tidak ada polusi udara
2. Tidak ada bahaya kebakaran
3. Mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui
3. Mengurangi penggunaan kayu bakar untuk masyarakat pedesaan (mencegah gundulnya hutan)
4. Sumber Energi GRATISS!!! ^_^
5. Nggak pake belajar cara pake, karena sangat sederhana konsepnya
6. Cara pakainya mirip banget dengan cara pakai oven atau slow cooker dirumah kita
7. Masakan nggak bakal gosong!
8. Murah banget tuk bikin sendiri
9. Dilihat dari sisi mana aja, Ramah Lingkungan Banget ^_^
10. Super Flexible, karena bisa dibawa kemana-mana (bisa bikin yang portable), atau bisa dipindah ke tempat yang sinar mataharinya bagus
11. Kalau ada bencana alam, kita bisa tetap menyediakan makanan dan mensterilkan air, karena nggak butuh gas elpiji atau kayu

Manfaat Solar Cooker untuk Rumah Tangga:
1. Ingat prinsip Slow Cooker kan? Menjaga nutrisi agar tidak banyak hilang dari proses pemasakan makanan, cara memasaknya persis banget dengan Solar Cooker ini. Siapa yang nggak mau memasak makanan yang bernutrisi untuk keluarga tercinta.
2. Memasak dengan api membutuhkan sumber energi, yang tidak semua orang bisa menjangkaunya (gas mahal), dan mereka-mereka yang tinggal didesa, harus bekerja keras setiap harinya, dan berjalan lebih dan lebih jauh lagi setiap harinya hanya untuk mencari kayu bakar untuk memasak.
3. Asap dari proses pemasakan juga bisa menggangu sistem pernapasan juga mengiritasi mata kita (hayo, berasa nggak, terutama kalau ada yang lewat di tukang sate?) nah solar cooker super bebas asap nih.
4. Memasak dengan api juga berbahaya, terutama untuk anak-anak, sudah berapa banyak anak yang tangannya terbakar, atau rumah terbakar karena penggunaan api di dapur?
5. Solar Cooker juga bisa tuk situasi emergency ketika kita nggak bisa dapat sumber panas untuk misal mensterilisasi makanan dan minuman (asal ada sinar matahari lho ya).

Ayo jangan dipikir dua kali..
Yuk pada bikin Solar Cooker tuk dapur kita masing-masing.. Lumayan kan dipake ketika tidak musim hujan.

Salam Hangat-hangat
(lagi minum Organic Coffee dari Sabang & Makan Dark Chocolate sambil dengering African Music!)

Deasi

Sumber:
http://solarcooking.wikia.com/wiki/Vietnam_Solar_Serve
http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_cooker
http://www.solarcookers.org/basics/why.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s