Contoh Menu Harian Ibu Hamil-Menyusui “Vegan-Vegetarian”

Kehamilan kali ini lumayan menantang buat saya, bukan karena segi kondisi fisik yang tidak memungkinkan, tetapi karena saya berusaha untuk lebih sehat lagi dari kehamilan dengan pola makan Vegan-Vegetarian sebelumnya, karena kali ini, saya hamil dengan kondisi kehamilan sebelumnya (2 tahun yang lalu) harus berakhir dengan Cesarean. Berbagai masalah teknis harus saya perhitungkan untuk memungkinkan saya mencoba Vaginal Birth After Cesarean (VBAC), diantaranya, BB janin tidak boleh melebihi 3.5kg (BB bayi lahir saya semuanya diatas 3.5kg dan paling berat 3.9kg). Selain itu, faktor sering hamil dan melahirkan juga jadi perhitungan penolong persalinan (dokter dan bidan yang menangani kehamilan saya kali ini). Untuk kesehatan fisik, alhamdulillah mereka-mereka ini tidak mempermasalahkan, karena so far, tanda-tanda kesehatan fisik dan stamina saya ok saja (saya menjalani test untuk memastikan organ vital dan kecukupan nutrisi, HB, dll dalam kondisi fit).

Aslinya, saya pribadi, selain menjaga hal-hal tersebut diatas, juga mencoba menjaga agar bekas Luka Operasi dan rahim saya lebih kuat.

Hal utama yang saya lakukan untuk Kehamilan Vegan-Vegetarian yang sehat adalah memperhatikan asupan makanan sehari-hari dan Berolahraga teratur untuk stamina dan kelenturan selama hamil dan utamanya ketika melahirkan (jika bisa VBAC).

Kebanyakan dilema ibu hamil vegan terutamanya adalah kekurangan asupan protein, saya malah nggak pernah menghitung jumlah kalori dan jumlah protein yang masuk setelah bertahun-tahun lalu (terakhir ngitung ketika kita mencoba menjadi Raw Foodie sekitar 5 tahun yang lalu), setelahnya base hitung-hitungan asupan nutrisi termasuk protein, dll saya jadikan pedoman menu harian keluarga dan menu Bumil-Busui juga anak-anak dalam masa tumbuh-kembang termasuk di kondisi tertentu seperti ketika kami sekeluarga harus berpuasa di bulan Ramadhan. Buat saya juga, saya lebih mengikuti instict tubuh saya, lagi hamil nih, pengen makan apa, dan nyari gimana bisa balance, gimana caranya? Setiap bumil vegan dan atau vegetarian, pasti punya pilihan makanan yang berbeda-beda. Kalau saya sehari-harinya seperti contoh menu dibawah ini.

Untuk teman-teman yang baru mencoba menjadi Vegan-Vegetarian dan menjalani masa kehamilan atau menyusui mungkin akan sangat meragukan jika tubuhnya, janin atau bayi yang sedang menyusui akan mendapatkan kecukupan nutrisi. Biasanya nggak percaya kalau jadi kambing nih atau jadi kelinci (karena makan banyak sumber dari tanaman), akan memenuhi kebutuhan gizi untuk tetap sehat dan tumbuh kembang. Jawaban saya: Berdayakan diri kita.. Cari tahu lebih tentang pola makan satu ini. Kenapa sih ada yang gagal kenapa pula banyak yang jadi lebih sehat dari sebelumnya. Sama juga jika kita punya pola makan segalanya, malah banyakan yang nggak fit dan malnutrisi kan 😉 Nah.. Jadi kembali juga pada diri kita masing-masing.

Berikut ini contoh pola makan sehari-hari saya sejak bertahun-tahun yang lalu, ketika sedang hamil-menyusui atau ketika puasa di bulan Ramadhan, menu ini juga berlaku untuk anak-anak kami dimasa pertumbuhan dengan porsi yang berbeda sesuai kebutuhan mereka.

Menu Harian Green Mommy Untuk Ibu Hamil

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh wanita yang ingin menjalani pola makan seperti saya terutama ketika hamil

1. Kalau butuh kalsium, darimana dapatnya? bukankan kalsium itu cuma dari susu hewani saja?

2. Darimana bisa dapat cukup protein tanpa makan daging, ikan?

3. Apa bisa kenyang cuma makan hijau-hijauan saja?

Dari pengalaman saya dan jutaan ibu Vegan atau Vegetarian lainnya dan pelaku yang sama meski tidak hamil, pasti dengan bijak akan bilang, kalau dengan pilihan makanan yang tepat, supplement yang pas dan cara menyajikan makanan yang oke punya (baca:yummy), keraguan diatas semua dengan mudah tumbang ^_^ Sisanya tinggal kita menikmati masa kehamilan yang sehat dan menyenangkan pula.

Kali lain, akan saya share tentang supplemen saya selama hamil juga olahraga Bumil versi saya.

 

Have a Happy & Healthy Pregnancy!

Deasi

 

 

Leave a Reply

