My Daily Organizer

Untuk mengatur tugas keseharian saya baik untuk kegiatan homeschool/unschooled, eco bisnis Green Mommy Shop, termasuk ngurusin pengembangan Eco Farm, dan tugas sbg ibu rt tanpa asisten. Rasanya nggak mungkin saya kerjakan semua tanpa bantuan organizer/jadwal sehari-hari. Sehari aja kalau kelupaan ngisi (biasanya bukannya kelupaan tapi malam sebelumnya malessss banget ngisi) pasti keesokan harinya benar-benar nggak produktif.. “I’m dragging my self unhappy troughout the day” kalau udah gitu, pasti deh nyesel banget… Banyak pihak yang aku kecewain termasuk diri sendiri ketika menyepelekan hal kecil satu ini, meski cuma sehari saja. Jadi tuk menghindari malas, ngisi jadwal/planning esok harinya aku masukin ke jadwal harian, semalas apapun, aku pastiin harus mengisinya.

Organizer yg saya pakai adalah buatan sendiri, dengan bagian-bagian yang disesuaikan dengan kebutuhan saya. Dulunya ketika awal menikah, rasanya kegiatan dan tanggung jawab kok tambah beragam, dan organizer pasaran dengan pembagiannya nggak lagi bisa mengakomodasi kebutuhan saya, dan meski udah jaman elektronik begini, saya tetap nggak suka dengan digital organizer, paling banter yang aku pake di smart phone, ataupun ipad cuma reminder list atau notes, yg semua aku salin juga ke daily organizer ketika malam hari tiba.

Berikut ini apa saja yang masuk dalam organizer harian saya.

organizer devider

Bagian-bagian yang ada dalam organizer saya tulis di menu list ini
 

 

 

 

 
shopping list

Di kantong bagian depan binder, saya masukkan notes kecil yang isinya running shopping list. Setiap lembar dikhususkan untuk tempat belanja yang berbeda, dan setiap saya ada kegiatan keluar rumah atau ada staff/anggota keluarga yang sekiranya pergi belanja, saya nitip daftar belanja, tanpa harus nyatat lagi.
 

 

 

 

daily to do list

Setiap malam sebelum tidur saya pastikan, mengisi daily to do list, agar saya siap menjalani hari selanjutnya, tanpa banyak surprise karena lupa ini dan itu πŸ™‚

 

 

 

 

 

daily reminder

Reminder favorit saya, berdasarkan, hal yang ingin saya tekankan untuk benar-benar saya perhatikan agar dilakukan πŸ˜‰

 

 

 

 

 

daily schedule

Jadwal harian dari jam ke jam, semua kegiatan lainnya akan bergulir disekitar jadwal ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

daily homeschool

Checklist homeschool/unschool anak-anak setiap harinya

 

 

 

 

 

 

 

 

weekly chores

Check list tugas rumah tangga mingguan, biar nggak kelupaan, kalau nggak sempat biasanya saya delegasikan ke orang lain πŸ˜‰

 

 

 

 

 

 

 

daily chores

Checklist tugas harian, biar ketahuan mana yang sudah dikerjakan mana yang belum, bukannya saya pelupa, tapi berpotensi diacuhkan kalau udah kadung sibuk keasikan mengerjakan sesuatu yang lain πŸ™‚

 

 

 

 

 

 

 

bill schedule

Checklist jadwal bayar-bayar kewajiban bulanan, dll. Kalau ini sampai kelupaan, bisa kena denda… gawattt!!!!

 

 

 

emergency contact list

Daftar no telpon emergency jika ada satu dan lain hal.

 

 

 

 

 

 

 

 

bloq planner

GMS juga salah satu bagian penting dari hidup saya, jadi kegiatan harian GMS masuk juga ke daily organizer.

 

 

 

 

 

 

 

pregnancy check up

Lupa ngecek hamil sih nggak, tapi prioritas yang seringkali jadi benturan, milih nunda-nunda, bikin checklist saya jadi panjang daftarnya.

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang giliran kalian, untuk share sistem organizer yang kalian pakai sehari-hari.

Apa dengan organizer yang Anda punyai, efektif mengatur kegiatan sehari-hari dan tugas-tugas Anda terselesaikan?

————-

I love to get things organized and under control because it creates peace of mind at the end of the day and I can measure where am I, on my journey..

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s