Rak Belajar-Bermain Anny “Batita”

Saya janji di postingan sebelumnya untuk menulis tentang Anny’s Corner. Anny, anak saya yang paling kecil, saat ini berusia 2 thn 2 bulan. Sejak berusia bayi, sudah saya biasakan dengan berada disekitar kakak-kakaknya yang sedang melakukan kegiatan belajar-bermain (Homeschool-Unschool), dan saya ikutkan di kegiatan saya sehari-hari mulai memasak di dapur, bersih-bersih dan kegiatan harian lainnya. Sejak berusia 1 tahun, Anny, seperti kakak-kakaknya juga sudah minta waktu sendiri untuk saya “ngajarin one to one corespondence” alias belajar versi Anny. Jadinya Anny yang attention spannya masih toddler banget, saya berikan pojok khusus, agar nggak menggangu kegiatan belajar kakak-kakaknya (sebelum punya toddler’s corner, Anny is all over the place, mulai dari duduk di kursi antara Yasmeen dan Zahra, sampai manjat meja dan kursi, belum lagi membongkar semua buku, mainan dan lain-lain, dia penasaran dengan semua yang ada disekitarnya dan suka cari tahu how things work).

Kegiatan Anny saya tata dalam rak buku sederhana buatan Daddy. Tadinya saya tata dalam rak 4 susun, tapi ternyata Anny minta kegiatan yang lebih (si mommy ini juga sih, gegara, ngeliat Anny, minta main pelajaran kakaknya yang Balita “Zahra” 4 tahun. Jadinya, Anny’s corner tetap ditempatnya, tetapi rak Anny, sekarang memiliki 8 baki, dari tadinya cuma 4 baki.

Pembagian Baki Belajar Anny, berdasarkan keingintahuan dia, termasuk intervensi saya, pengennya Anny mulai mengenal apa? Punya Anny saya bagi menjadi:
1. Sensorial
2. Math
3. Literacy/Membaca
4. Fine Motor Skill
5. Logic & Memory
6. Life Skill
7. Islam
8. Logic & Memory

Pengaturan bidang apa yang ingin anak ketahui-pelajari, tidak baku hukumnya, saya lebih suka anak-anak menikmati aktivitasnya, karena belajar buat saya adalah bekal seumur hidup mereka (ini hak mereka untuk memiliki sense menyukai long life learning), jadi aktivitas ini harus disenangi secara alami, bukan keterpaksaan, meski untuk memiliki keahlian ini, saya nggak mau bermalas-malasan jadi terkesan mereka yang ngatur apa yang mereka mau.. no..no..no…!! bukan itu maksud saya, tetapi, saya sebagai orang tua, memberi mereka alat, waktu, bantuan, himbauan, semangat, apapun itu untuk mereka memiliki keahlian basic dan yang mereka senangi, dan untuk menguasai semua skill tersebut, saya tidak suka menuntut kapan mereka bisa. Every child has their own awakening. Sangat tidak manusiawi menurut saya jika mereka sejak usia dini harus dipaksakan dengan pakem-pakem dan standart tertentu. Lain lagi ceritanya ketika mereka sudah masuk usia mulai bertanggung jawab atas beberapa aspek kehidupannya, misal diusia tertentu anak2 kami sudah harus mulai sholat, dll (hal ini sudah saya siapkan jauh-jauh hari agar mereka bisa menunaikan kewajibannya).

Balik ke Anny’s Corner. Semua isi baki ini saya ganti setiap malamnya, dengan materi yang sebelumnya sudah saya siapkan dibagian atas rak (tidak bisa dijangkau oleh Anny), jadi saya tinggal memasukkan ke baki masing-masing. Dan untuk apa saja yang akan Anny pelajari, sudah saya buatkan seperti daftar, permainan apa saja, dll, yang biasanya saya perbaharui sebulan sekali (Needs lots of preparations disela-sela kesibukan saya, kadang kalau lagi nggak bisa tidur karena keseringan bangun, tengah malam, saya masih aja gunting-gunting, menempel permainan belajar anak-anak, kegiatan menyiapkan mainan belajar anak ini saya lakukan sejak memulai homeschool anak pertama hingga saat ini, its a constant job all year around! but it’s fun!!!! ).

Bahan Belajar Anny
Bahan Belajar Anak-Anak
Rak Belajar Batita
Rak Belajar-Bermain Batita
Fine Motor Skill Activity
Fine Motor Skill Activity
Math Activity
Math Activity
Logic & Memory Activity
Logic & Memory Activity
Life Skill Activity
Life Skill Activity
Sensorial Activity
Sensorial Activity
Islam Activity
Islam Activity
Literacy Activity
Literacy Activity
Seni untuk Batita
Art Activity

Bagaimana cara teman-teman untuk mengisi kegiatan si Batita yang penasarannya super tinggi?

Messy Mommy Deasi 

ps: I am messy alright.. hehehe…

 

Leave a Reply

