Cara Mudah Mengajar Phonics

Ini salah satu pertanyaan berulang dari teman-teman yang penasaran, gimana caranya saya yang bukan Native English Speaker bisa ngajarin anak-anak kami membaca, menulis, berbicara (yg ini juga didukung pembiasaan, di rumah kita pakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama dan suami wna but not native English speaker juga lho, he’s Danish!, but to tell the truth, dulunya suami kerjanya di LN terpisah dari kita-kita (anak dan istri) yang seringan di Indonesia).

Modal saya cuma 1, yaitu buku magic ini: “The Ordinary Parents Guide to Teaching Reading” dan sekarang untuk yang non native seperti kita nih WNI, sudah tersedia versi audionya, jadi lebih mudah lagi ngajarnya kan :-). Nah, kenapa saya bilang magic? karena bukunya benar-benar super simple untuk non native seperti saya dan bukan guru beneran yang nggak pernah sekolah PG πŸ™‚ but I can successfully teach my kids how to read, write and speak in English!

The Ordinary Parent's Guide to Teaching Reading - Paperback

First Language Lessons Audio Companion (revised)

Untuk supplement belajarnya bisa dari mana saja, dan untuk menata grammar mereka, disertai juga buku grammar dan writting : http://peacehillpress.com/grammar/

First Language Lessons, Level 1 PDF DOWNLOAD

Cuma dengan modal fokus, konsisten mengajar menggunakan modul ini, anak-anak jadi bisa berbahasa Inggris seperti Native Speaker dengan grammar yang benar pula. I’m not asking for perfection from their English learning, tapi untuk bisa menelaah ilmu-ilmu yang mereka inginkan ditingkat selanjutnya, modal bahasa Inggris super penting buat mereka.

Jaman suami pertama beli buku-buku ini yaitu 8 tahun lalu, belum ada versi audionya, jadi waktu itu saya yg kebetulan dah punya sedikit basic bahasa Inggris, karena kuliahnya di twinning program (lumayan bisa reading, writting, speaking bahasa Inggris secara fasih), dan tapi tetap aja plentat plentot belepotan nggak bersih bahasanya, jadi kudu super sabar belajar bersama anak-anak saya lagi, mulai dari lesson 1!! I’m serious! dan sembari mengajar, saya dikoreksi suami, mulai dari pengucapan yang benar, juga cari bahan belajar mandiri punya anak tk-sd (phonics for begginer), jaman dulu saya belum kenal you tube. Kalau sekarang lebih mudah lagi, karena banyak video belajar phonics. Tapi saran saya, stick with 1 modul dan tambahkan supplement yang bisa dimengerti si anak jika dia mengalami kesulitan belajar.

Tips lainnya (pengalaman saya diajari suami), untuk semua materi belajar anak yang akan saya sampaikan, saya kudu udah menguasai beberapa pelajaran kedepan, jadi misal nih, si anak ada di lesson 1, saya kudu udah ada di lesson 2, dst. Tapi lebih baik lagi, kalau kita udah lebih jauh dari si anak. Tapi seiring waktu, misal nih, nggak punya waktu, kita kan speed belajaranya lebih cepat tanggap, karena udah punya basic, jadi meski tadinya mulai dengan jarak 1 pelajaran, kita jadi bisa maju ke pelajaran yg lebih jauh dari si anak, dan hanya dengan modal ini aja, kita udah bisa mengajar si anak dengan sukses.

Learning is always fun if you make it fun and think the benefit of it ^_^

Deasi

 

4 thoughts on “Cara Mudah Mengajar Phonics

    1. terakhir yg saya tahu, ada teman pesan via kinokunya Jakarta sis. Atau kalau tidak bisa pesan, mending beli online aja yg download. soalnya kalau buku beli impor pajaknya tinggi sekali. Belum juga kalau ngk bisa masuk.

Leave a Reply

