Kurikulum Preschool Sederhana

I’m not a master in designing curriculum for our homeschooler. Dulunya, ketika kita (my husband and I) mulai berhomescool dengan anak pertama, kita benar-benar bikin kurikulum all the way to high school dan semua bahan belajarnya, baik yang digital maupun real books, workbooks, etc. Seiring waktu, kehidupan kami mengalir dan berliku-liku tidak lagi cocok dengan berhomeschool sungguhan, dan prioritas hidup kitapun jadi sangat berubah 6 tahun belakangan ini.

So where we are right now? Sekarang dengan 5 anak dengan usia mulai belajar hingga yang mulai beranjak remaja, kita tidak lagi berhomeschool dengan kurikulum, tetapi lebih ke belajar keahlian hidup dan pengetahuan apa sih yang mereka butuhkan untuk mendukung keahlian yang ingin mereka dapatkan itu tadi.

LOTWBinder

 

 

 

 

 

 

 

Ini dia gambaran belajar tingkat Preschool di keluarga kami:
1. Dibacakan buku-buku apa saja yang dipilih atau dia pilih sendiri
2. Membaca surah-surah pendek bersama dengan artinya in English
3. Belajar menulis: huruf dan angka arabic, numbers, letters, words (anything she likes)
4. Belajar Phonics
5. Mengenal huruf besar dan kecil
6. Mengenal angka dan konsep jumlah/menghitung sesuai angka 1-20 (she’s interested to try more than 10)
7. Menggambar dan mewarnai
8. Mengenal Bentuk
9. Fine Motor skills: Menjahit dengan lobang-lobang besar, menggunting, mewarnai, menulis, putting glue on objects, bantu-bantu melipat baju, memakai baju sendiri, mengembalikan pelajaran ke tempatnya sendiri, meronce, menuang teh sendiri, makan sendiri, menyikat gigi, membantu mengaduk adonan kue, menyiram tanaman, mandi sendiri, dll
10.Mengenal Benda hidup dan mati
11.Logic skills: Puzzles, size sorting, matching games
12.Large Muscle Movement: Hiking ke gunung, merapikan tempat tidur, pilates n yoga with mommy
13.Bernyanyi: abc sound, kids song (ryhme)
14.Arts & Crafts mengikuti tema-tema diatas dan free chosen by the kid
15.Mengenal Kalender dan cuaca (she’s insisting, karena kakaknya juga belajar hal yg sama)

Wuih.. kelihatannya banyak sekali..
Jangan salah, sebenarnya tidak banyak, biasanya belajar dengan menggunakan worksheet cuma memakan waktu 1 jam!
Sisanya, Zahra (our preschool at the moment), melakukan kegiatan diseputar keseharian saya lainnya, mulai dari bermain, bantu-bantu didapur, beres-beres, ikutan pilates n yoga dipagi hari, menyiram tanaman, dll.

Untuk materi belajar anak preschool yang kebanyakan memakai visualisasi fisik saya suka ngeprint free printables dari berbagai bloq homeschool, beberapa diantaranya berbayar, tapi saya nggak banyak koleksi homeschool bloq here n there, kenapa? jawabnya cuma 1, Saya butuh fokus tuk mengaplikasikan apa yang saya pakai saat ini untuk si anak, if that doesn’t work, baru saya cari alternatif lainnya. Buat saya pembelajaran mereka kudu fun, tapi bukan seperti sirkus!

Berikut daftar printable for preschool yang saya pakai berulang-ulang:
1. http://www.confessionsofahomeschooler.com/
2. Berbayar : http://www.education.com
3. http://www.homeschoolmath.net
4. http://www.circleofmoms.com/top25/homeschooling-blogs

Happy Nurturing Your Little Khalifas ^_^

Deasi

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Kurikulum Preschool Sederhana

  1. Thankyou for sharing. This is so interesting… Btw, jadi putra putri mba Deasi smuanya homeschooling yah? Kalo yg setara SD/SMP/SMA bagaimana ijazahnya? Apa ikut something like kejar paket ato gimana?
    Sorry for the questions but i am really interested.

    1. iya semua anak2 homeschool-unschool, kita ngk mentingin ijazah dek, lebih mentingin pengetahuan dan keahlian yg ereka dapat. Tapi kalau ingin berijazah, dari awal homeschool harus daftar ke diknas setempat, jadi nanti kalau ujian kesana, dan kalau mau ijiazah internasional, bisa pilih misal IGCSE cambridge untuk ikut ujian high school diploma tanpa harus punya ijazah2 tingkat sebelum high school

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s