Manfaat berpuasa dengan menu Vegetarian-Vegan-Raw

Safe the Planet by Eating Vegetarian-Vegan-Raw in Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadan, mengharuskan kita dari tidak mengkonsumsi makanan dan minuman selama beberapa jam dalam sehari sebulan lamanya. Tetapi biasanya, justru ketika puasa, berat badan kita bertambah, dan keluhan penyakit bertambah selama dan setelah puasa lewat. Kenapa begini jadinya? Bukankah ketika puasa, tubuh kita malah membersihkan dirinya sendiri dari toxin termasuk penyakit? Seharusnya seperti itu. Tetapi tidak jika kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Apalagi dijaman sekarang ini, makanan sudah banyak terkontaminasi dengan zat tambahan mulai dari pewarna yang tidak sehat, perasa, pengawet, dll. Belum lagi konsumsi pemanis yang sangat berlebihan, dan untuk kompensasi rasa lapar dan haus ketika berbuka adalah salah satu alasannya dimana kita jadi makan dan minum yang berlebihan baik ketika berbuka dan sahur.

Makan berlebihan ketika sahur dan berbuka puasa, dimana tubuh kita dijejali dengan makanan berlemak, makanan yang diproses, dan tanpa nutrisi yang baik sebaiknya dihindari. Karena salah satu dampak negativnya akan membuat tubuh cepat capek, tidak bertenaga juga memberi kita masalah pencernaan terganggu, seperti sakit perut, asam lambung meningkat belum lagi sulit BAB, dll.

Apa sih pentingnya pola makan yang seimbang?
Utamanya adalah untuk mempertahankan kesehatan yang prima. Jadi saat berpuasa, kita bisa tetap aktif dan mendapatkan manfaat puasanya juga.

Mengkonsumsi Raw Food disaat puasa?
Mengkonsumi banyak makanan mentahan organic seperti membayangkan kita mengkonsumsi makanan dengan jumlah nutrisi yang banyak dan kebutuhan nutrisi makro yang lebih oke, yang justru dibutuhkan tubuh ketika berpuasa. Makanan juga lebih bersih dari segala tambahan bahan kimia sintetis pada makanan dan lebih mudah pula untuk disiapkan termasuk waktu yang dihabiskan di dapur lebih sedikit daripada kalau kita membuat makanan yang semuanya harus dimasak/proses.

Jadi Vegan-Vegetarian selama puasa?
Apakah teman-teman pernah merasakan, kalau kita makan makanan hewani setiap hari dibanding makan makanan vegan-vegetarian, bawaan tubuh cenderung lebih berat, cepat capek, kepala jadi pusing, belum lagi kalau makanannya banyak mengandung misal keju hewani, cream, termasuk makanan yang diproses, lemak tinggi, dll.

Coba deh mengkonsumsi lebih banyak makanan vegetarian dan vegan ketika berpuasa, tubuh jadi lebih ringan, pencernaan lebih sehat belum lagi karena waktu mempersiapkan makanan lebih singkat, kita jadi punya waktu yang lebih untuk beribadah. Bukankah ini tujuan kita berpuasa apalagi dibulan Ramadan? Untuk bisa lebih banyak beribadah?

Nah tunggu apalagi, waktu yang sangat tepat kan? untuk kita memulai mengkonsumsi makanan raw dan mencoba menjadi vegetarian dan vegan, paling tidak disepanjang bulan puasa. Bisa menjadi vegetarian saja sudah oke banget!

Green Ramadan is cool!

Teman-teman tahu, beban bumi ini terutama dibulan puasa hingga hari raya? Karena konsumsi kita yang jadi berlebihan, seakan-akan kita berpesta setiap hari, membuat pemanasan global secara keseluruhan jadi lebih cepat, mau tahu mata rantainya dari mana? Kebutuhan pangan hewani meningkat super tinggi = pemanasan global, kebutuhan gula meningkat = proses pembuatan gula di pabrik lebih banyak = pemanasan global, kita masaknya di dapur jadi tambah lama karena kudu bikin es buka puasa, makanan utama, camilan dimana tadinya di dapur sehari mungkin Cuma menghabiskan waktu memasak selama 1 jam jadi 2-3 jam = pemanasan global. Kita makannya lebih banyak = pemanasan global. Belum lagi dampak sosial yang ditimbulkan, banyak teman-teman kita dinegara miskin, dimana makanan untuk sehari-hari saja sudah susah bahkan banyak yang meninggal karena kelaparan setiap harinya. Apa teman-teman tahu juga, dengan meningkatnya suhu bumi, dan perubahan iklim sudah bikin teman-teman di daerah tertentu di belahan bumi lainnya, jadi lebih susah berpuasa, karena lebih panas, dll. Dan kita disini, di Indonesia, dengan iklim yang sangat nyaman, ketersediaan pangan yang oke (meski sebenarnya jutaan orang di Indonesia juga masih kelaparan), ogah untuk melepaskan rasa nyaman kita dari misal mengkonsumsi produk hewani lebih di bulan puasa, makan lebih, dan menjalani puasa lebih, belum termasuk belanja konsumtif di bulan puasa hingga lebaran, kelihatannya kita masih tidak mau melepaskan ketagihan kita untuk kenyamanan modernisasi yang sama artinya dengan penggunaan sumber energy yg tidak bisa diperbaharui lebih banyak lagi, mulai dari nambah ac atau mulai pasang ac di rumah, beli mobil baru dibulan penuh berkah ini, dan segala hal blink-blink lainnya yang super menggoda.

Menu Ramadan yang kami sekeluarga susun, sudah diusahakan penuh nutrisi, mengenyangkan tanpa membuat Anda merasa kelelahan setelah makan, atau menjadi tidak berenergi. Menu seperti ini kami susun berdasarkan pengalaman menjadi vegetarian-vegan dan mengkonsumsi sebanyak mungkin raw food selama kurang lebih 10tahun, dan menu ini juga kami sesuaikan dengan kebutuhan ketika berpuasa, dan cocok juga untuk ibu hamil dan menyusui.

Tips Ramadan sehat:
* Konsumsi makanan yang banyak mengandung sayur, kacang dan biji-bijian, daging organik sesekali saja, termasuk pilih lemak sehat, banyak mengkonsumsi buah, dan hindari mengkonsumsi pemanis terlalu banyak, terutama pemanis buatan.
*Hidrasi tubuh dengan minum air dan jus buah atau jus sayur, ketika sedang tidak di jam-jam berpuasa.
*Jangan lupa perbanyak snack sehat seperti buah, biji dan kacang-kacangan kering. Diantara waktu magrib hingga setelah tarawih (selalu ingat jangan makan sebelum tidur ya!).


Beberapa kebiasaan yang harus dihindari ketika berpuasa:
* Mengkonsumsi makanan secara berlebihan setelah berbuka
* Mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis atau mengandung gula ketika sahur
* Mengkonsumsi makanan pedas dan mengandung gas ketika sahur
* Diet yang tidak seimbang nutrisinya
* Kurang mengkonsumsi cairan
* Minum minuman berkafein

Pola Makan sehat selama puasa
* roti gandum /sereal/nasi/biji-bijian ~ 6-11 sajian
* daging/kacang-kacangan ~ 2-3 sajian
* sayuran ~ 3-5 sajian
* Buah ~ 2-4 sajian
* gula/pemanis dibatasi
* Lemak-minyak sehat seperti zaitun, flax, alpukat segar 4-7 sdm

Contoh Menu Sahur
Menu sahur sebaiknya ringan dan mudah dicerna tetapi mengandung nutrisi yang tinggi juga memberi energi untuk tetap beraktifitas
* Roti gandum ,makanan kaya serat tambahan vitamin B terutama B12 untuk vegan-vegetarian
* sereal oats
* susu kacang-kacangan atau susu hewani organic (jangan berlebihan)
* Buah
* 2-3 sdt minyak zaitun, minyak flax atau alpukat 1 /2 buah
* air
Makanan dengan karbohidrat lengkap seperti kacang dan biji-bijian termasuk roti gandum, dan sereal akan mebuat kita tidak terlalu lapar dan lemas.

Contoh Menu Buka Puasa
Disaat ini, tubuh kita membutuhkan energi cepat, dan biasanya otak kita memilih gula untuk pasokannya. Beberapa contoh yang sehat antara lain:
*Kurma, Pisang sebagai sumber gula, potassium, magnesium dan serat.
*Jus buah dan sup, akan membantu menghidrasi tubuh dan memineralisasi tubuh kembali secara cepat.

Makan Malam
Untuk makan malam, sebaiknya mengkonsumsi makanan dari berbagai sumber lengkap. Jangan terpaku dengan satu jenis makanan saja. Dan konsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup. Pastikan untuk mengkonsumsi sayuran.

Mengkonsumsi snack setelah tarawih
Kacang-kacangan, biji-bijian dan buah merupakan snack yang sangat baik karena mengandung karbohidrat dan serat juga protein. Pastikan untuk menghindari makanan yang tinggi kadar lemak dan gula sebelum tidur.

Beberapa keluhan ketika berpuasa dan penangkal alaminya (bukan obat ya):
*Susah buang air besar
Hindari makanan yang diproses, minum air lebih banyak, dan perbanyak mengkonsumsi sereal, ganti terigu dengan tepung gandum dan kulit gandum atau kulit beras.
*Sakit kepala-pusing
Kurangi atau berhentikan mengkonsumsi caffeine dan merokok dan pastikan tidur anda cukup.
*Pencernaan
Hindari makan terlalu banyak terutama makanan gorengan dan pedas dan hindari makan berlebih dan tidak menjarak waktu antar setiap makanan.
*Tidak bersemangat-cepat lelah
Tingkatkan jumlah konsumsi minuman, dan kurangi garam/asinan
*Sesak napas-dada terasa sesak
Kurangi makanan pedas, kopi dan minuman soft drink
*Tekanan darah rendah
Pastikan selalu makan ketika sahur dan kurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Contoh Panduan per sajian/serving
Panduan ini tidak 100% tepat tetapi merupakan gambaran mudah yang bisa dipakai sehari-hari

Kacang-biji –beras
1 sajian = 1 iris roti, ½ cup nasi matang, pasta atau sereal
Pengandaian: 1 sajian = 1 vcd untuk roti
1 sajian=1 bola tenis

Sayuran
1 sajian sayur = ½ cup sayur mentah atau matang atau jus sayur
1 sajuan sayur daun = 1 cup
Pengandaian: 1 sajian = 1 bola lampu

Buah
1 sajian = 1 cup buah atau jus buah 100% atau ½ cup buah kering
Pengandaian: 1 sajian = 1 bola tenis

Dairy (makanan-minuman turunan hewani)
1 sajian = 1 cup susu atau yoghurt, 1.5 cup ice cream, 50gram keju
Pengandaian: 1 sajian = 1 baterai 9 volt

Protein
1 sajian = 25 gram daging, ikan, ayam atau ¼ cup kacang-kacangan matang, 1 telur, 1 sdm selai kacang atau 13 gram kacang dan biji-bijian
Pengandaian: 2 sajian = 1 bola pingpong

Minyak nabati
1 sajian = 1 sdt
Pengandaian: 1 sajian = 1 dadu

May Allah accept our fasting and other ibadah in Ramadan
And
May we become a better Khalifah of the Earth
Amin

Deasi

ps: Ingin dapat booklet menu & resep lengkap Ramadhan 2014 dari Green Family? Jangan lupa sign up for membership di Komunitas Green Mommy ya..
menu ramadan green family 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s