Resep Cake Wortel

Saya nggak fanatik banget dimana semua-mua kudu vegan.
Saya dan keluarga is on a journey in eating the most balance healthiest food.
Termasuk untuk urusan cake juga πŸ™‚

Hari ini saya ngetik n ngirim Resep Carrot Cake versi vegan dan vegetarian untuk mbak Yuke (Istri Mas Emil, ketua KOI). Kita bedua suka bikin cake (ibu-ibu ceritanya). Trus suami bilang, bukannya resep carrot cake udah pernah diposting di bloq? ingatku sih.. tapi kok ya nggak ketemu, apa di booklet for member aja kali? Diingatkanlah diriku, kalau tuh coretan nggak karuan dari resep-resep apalagi resep jaman tahun belum jadi Green Mommy, masih jadi Messy Mommy aja, mending di dokumentasi, biar enak nyarinya, berhubung, yang nyari resep bukan aku seorang, tapi Mimi juga butuh, belum lagi anak-anak yang udah mulai gede, belum lagi kalau teman-teman ada yang request.

Jadi sore ini, ceritanya aku jadi pengen juga (kangen ceritanya) sama carrot cake, gegara mbak Yuke.. (blessing mbak, dimintain, jadi bikin dapat resep baru lagi, hehe…). Tapi… ngecek resep vegan dan vegetarian, kok ya, nggak semua bahan lengkap, asline lengkap, cuma mualesssnya minta ampun, mo bikin yang vegan nggak punya flax seed bubuk dan males bikin almond milk, yang dikepala nih cuma gimana bisa bikin cake, tapi cucian piring dan bersih-bersih dapur sesudahnya super minim.. hehe.. maklum, bumil yg lagi 35 minggu nih, rasanya dah capek, apalagi nggak punya pembantu. So, jadi kreatif kan ya πŸ˜‰

Resep ini jadi vegetarian karena saya tambahkan telur meski cuma 1 butir, dan jadi lebih murah karena almond milk saya ganti (nggak juga sih), kismisnya saya ganti sama dried cranberries dan walnut saya ganti pecan (akibat salah ngambil, asal comot aja trus udah mulai aku cincang), dasar.. nggak fokus..
Oh, plusnya lagi, cake ini nggak pake di mixer seperti cake pada umumnya kalau pake telur, huhui… super mudah!

Resep ini jadi resep carrot cake yang paling saya suka rasanya, ketimbang resep-resep carrot cake sebelumnya. Sampe suami yang cuma mau carrot cake kalau baru keluar dari oven, yang tadinya biasa aja, pas aku bilangin, “yang ini beda lho, ada dry cranberries sama pecannya” langsung deh minta πŸ™‚

Ini dia resepnya..

Easy Carrot Cake Recipe

Bahan:
1.5 cup wortel serut (pake parutan keju)
1 telur besar atau 2 telur ayam kampung kecil
1/2 cup madu
1/2 cup santan kelapa kental (instant)
1/3 cup extra virgin olive oil (jangan ganti coconut oil, rasanya gimana gitu..ada after tastenya
2 sdm vanila bubuk organik (bisa beli di GMS)
2 sdt kulit jeruk manis dan jeruk nipis (saya mix karena lagi nggak punya lemon)
1.5 cup tepung terigu (bisa diganti dengan tepung non gluten
2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam himalayan
1/2 cup cranberries kering (bisa diganti kismis basah atau rendam dulu jika kismis kering selama 10 menit & tiriskan)
1/4 cup walnut atau pecan atau terserah kacang apa asal jangan kacang tanah

Untuk Glazing setelah cake dingin:
1/2 cup gula halus, dikocok dengan 1 sdm jus lemon atau jus orange (sesuai selera).

Cara membuat:
1. Panaskan oven (sepanas untuk memanggang roti). Siapkan loyang ukuran 20cm x11cm x 6cm dan lapisi dengan kertas panggang. Olesi loyang panggang dengan minyak dan minyaki juga kertas panggangnya. Atau olesi loyang dengan minyak dan balur dengan tepung terigu, agar setelah matang nggak lengket.

2. Di loyang terpisah, campur wortel parut dengan telur, madu, santan kelapa, minyak, vanila dan parutan kulit jeruk, sisihkan.

3. Di loyang lainnya, campur tepung, kayu manis, jahe, baking powder, baking soda, garam. Kemudian campurkan bahan basah ke bahan kering, aduk hingga rata. Setelahnya masukkan cranberries dan pecan. Jangan diaduk terlalu lama. Gunakan gerakan melipat dengan spatula, bukan mengaduk. cukup hingga rata saja.

4. Tuang ke loyang panggang, panggang selama 45 menit atau hingga ditest dengan tusuk gigi keluarnya kering. Setelah matang, jangan keluarkan dulu dari loyang panggang (bisa hancur), dinginkan selama kurang lebih 10 menit. Setelahnya tuangkan glazing lemon sebelum disajikan.

ps: carrot cake paling saya suka kalau dimasukkan ke kulkas dan disajikan dingin, apalagi sudah keesokan harinya.

carrot cake

Kali lain akan saya posting resep carrot cake vegan dan vegetariannya ya..

Have a nice evening.. (berasa weekend, padahal GMS tutup setengah hari karena ada kru GMS yg hari ini nikahan).

Leave a Reply

