Keahlian Untuk Hidup Sustainable-Homesteading

Perhatian! Jangan takut dulu ya.. dengan daftar panjang, keahlian yang kita butuhkan untuk bisa sukses hidup mandiri sebagai homesteader. Aku nggak punya semua keahlian di bawah ini, tapi, aku berusaha keras untuk belajar dan menguasai banyak dari keahlian tersebut, one or more skill at a time, secara terus menerus.

Ok, lets dive in!

Kenapa sih aku bilang kita kudu memiliki banyak keahlian untuk bisa mandiri/sustainable atau kalau kalian ingin nyebutnya sebagai homesteader. Karena kita kudu bisa bergantung pada diri sendiri lebih dari kebiasaan orang-orang yang hidup di area perkotaan. Oleh karenanya, masing-masing dari kita butuh untuk bikin daftar, keahlian apa saja yang akan kita butuhkan untuk hidup mandiri sebagai homesteader. Paling enak nik kalau kita sudah berkeluarga (nah yang belum, ayo cari pasangan!). Jadi kita bisa duduk dan berembuk, bikin daftar keahlian, terus, kita bikin daftar keahlian yang sekarang masing-masing dari kita sudah miliki, dan keahlian mana-mana saja yang masing-masing dari kita bisa kuasai/pelajari, agar semua keahlian yang nanti ada di daftar kita, ada di keluarga, sip kan!

Kalo menurut pengalaman sih, ada baiknya, kita mikirin keahlian yang memungkinkan keluarga untuk mendapatkan penghasilan, bisa dari hobi dan kerajinan mungkin? Mungkin kita bisa menjual produk dari kerajinan/keahlian kita ke pasar, atau ke masyarakat sekitar tempat tinggal atau berjualan online? banyak yang sukses lho, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan menjual hasil dari keahlian diatas (Saya salah satunya, ehemmm).

mengeringkan kopi organik
Mengeringkan Kopi Organik
membuat pisau kayu
Membuat Pisau Kayu
memasak dengan ranting kayu
Memasak dengan Ranting Kayu Saja!
aquaponics
Aquaponics

Dibawah ini daftar keahlian yang bisa aku pikirkan, berdasarkan pengalaman kami sekeluarga dari mulai berhomestead hingga saat ini dan apa-apa yang kami pikirkan akan berguna jika keahlian tersebut kami miliki dikemudian hari nanti. Aku nggak akan menjelaskan keahlian dibawah ini satu persatu, karena terlalu banyak info yang terkait di dalamnya, bisa-bisa blog ini jadi buku deh.. :-p Nah, setelah kalian baca list ini, yang kalian butuhkan, adalah cari, ilmunya, cari bukunya untuk kalian pelajari, bikin perpustaan keluarga (seperti kami sekeluarga juga!).

Daftar Keahlian Homestead/ atau untuk hidup Sustainable:
1. Berkebun
2. Memasak & Baking
3. Menjahit
4. Listrik
5. Pertukangan kayu (termasuk membuat furniture)
6. Menyembelih/membersihkan hewan untuk dikonsumsi
7. Memelihara hewan ternak
8. Pertukangan batu (bekerja dengan semen, dan sejenisnya).
9. Tukang pipa
10. Keahlian mekanik
11. Membuat dan memperbaiki barang yang terbuat dari besi/baja (metal)
12. Berburu dan mencari ikan
13. Pengawetan makanan “Canning & Preserving”
14. Memelihara lebah
15. Membuat sabun dan personal care
16. Membuat lilin
17. Memelihara bangunan secara keseluruhan
18. Membuat dan memperbaiki barang dari kulit
19. Bercocok tanam rempah
20. Memelihara tanaman buah
21. Membuat cuka, lye
22. “weaving & spinning” untuk kemudian dibuat rajutan
23. Merajut “Knitting, crocheting dan embroidery”
24. Merawat senapan
25. Pengobatan herbal
26. Menjadi operator alat-alat yang dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan kebutuhan farm, seperti operator solar power, wind turbine, dll.
27. Keahlian kondisi kegawatdaruratan
28. Keahlian bertahan hidup pada kondisi ekstrim baik cuaca dan karena hal lainnya
29. Mengajar anak “homeschooling atau home education”
30. Memanen air hujan dan menjernihkan air agar bisa dikonsumsi
31. Menggunakan radio (termasuk membuatnya)
32. Membuat composting toilet + penggunaan
33. Membuat produk pembersih rumah tangga, mulai dari detergen, disinfektan, dll
34. Memasak dengan sumber energi yang sustainable
35. Menggunakan senapan, memanah, menggunakan katapel
36. Ilmu beladiri
37. Membuat api (termasuk dikondisi basah atau hujan!)
38. Membuat produk dari bahan hewani seperti keju, butter
39. PERMAKULTUR!
40. Cara membuat sumber listrik dari sumber yang sustainable
41. Berkebun/bercocok tanam dengan Aquaponics
42. Keahlian pola makan sehat untuk memiliki kesehatan yang optimal

Sebenarnya masih banyak lagi! itu aja sudah super banyak sekali! dan dari hal-hal diatas, masih bisa di break down, menjadi banyak keahlian di dalamnya..

Sekarang yang kalian butuhkan adalah: lihat dulu, mana-mana keahlian yang paling penting yang harus kalian miliki agar kehidupan yang sekarang lebih mudah untuk dijalani, dan mana-mana yang harus kalian miliki untuk persiapan memulai berhomestead/hidup berkelanjutan.

Dan dari pilihan diatas, kalian harus mulai mencari buku tentang keahlian tersebut, beli bukunya, atau pinjam ke perpustakaan atau kalau sekarang, di “google” aja inshaAllah udah nemu.. pilihan kita sekeluarga? cari bukunya, buku untuk keahlian tersebut harus kami miliki, dan tersedia di perpustakaan keluarga, dan dimasing-masing ipad anggota keluarga, agar jika sewaktu-waktu kami butuhkan, bisa dengan mudah didapatkan. We’ve got thousands of books in our family library and still adding!

Kalau ada keahlian penting yang lupa aku cantumkan di atas, silahkan tulis di comment bawah ya.. πŸ™‚ Agar nantinya bisa aku tambahin ke list atas, biar lebih lengkap panduannya buat kita semua..

Semoga awal minggu kalian super produktif, super menyenangkan dan super motivasinya!
and inga-inga! Sustainability itu mulainya ya dari kamu!

Deasi

ps: Ingin dapat info terkini dari Newsletter Green Mommy Shop? termasuk my thoughts, curhatan, info event yang kami adakan, kursus, dll? Jangan lupa bergabung di mailing list kami ya.., silahkan klik di link ini

Advertisements

6 thoughts on “Keahlian Untuk Hidup Sustainable-Homesteading

  1. Juga butuh keterampilan soal manajemen: mengelola waktu, mengelola SDM, mengelola uang, dan mengelola semua produk yg dhasilkan.Get everything organised. Yang pasti, sustainable living pasti mengasah, memerlukan, dan menghasilkan pribadi hebat. Mom Deasi salah satu contohnya. Thumbs up!

  2. Dear sis Deasi,

    Apa kabar? Daftarnya lumayan panjang memang, tapi memang jangan putus asa ya.. Tetap semangat untuk tetap belajar.. Alhamdulillah aku udah mulai settled di tempat baru. Oh ya, bibitnya sudah aku siapkan & siap dikirim sama mama ke Malang. Ditunggu ya, maaf rada telat kirimnya. Salam hangat dari California. Sis Dina.

    1. Sis Dina!!
      Apa kabar πŸ™‚ waduh.. pantesan aku wa beberapa minggu yang lalu nggak terkirim, ternyata dirimu udah di USA! semoga suatu hari nanti bisa ketemuan lagi ya.. tapi sama keluarga lengkap! πŸ™‚
      Terima kasih banyak ya udah ngasih kita bibit πŸ™‚
      Salam hangat buat keluarga, n my hugs for your 2 little ones!

  3. PS: baca blognya sis Deasi jadi banyak belajar & tambah semangat. Makasih banyak sudah shared & jadi inspirasi buatku. Salam buat semua & hugs kisses to your children.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s