Earth has changed and so must I

10 tahun dari sekarang, apakah kita masih memiliki cara pandang akan kehidupan di bumi ini dengan cara yang sama? Aku harap tidak.. Aku harap kita berubah!

Kita ditakdirkan untuk berubah dan membuat perubahan, if we for some reason haven’t changed, then something is VERY wrong with us.

Kalau ada yang bilang, “Kangen deh dengan Deasi yang dulu..” Aku ngerti banget.. Aku yang dulu nggak bisa bilang nggak untuk nolong orang lain, selalu ada disetiap acara kumpul-kumpul & SUPER nice! Tapi sesukanya aku dengan diriku yang dulu, I don’t miss the old Deasi.

Setiap harinya di GMS workshop, ada hal kecil yang kami ubah dikehidupan sedikit wanita Indonesia, tidak dramatis memang, bukan sesuatu yang wow untuk di posting memang, atau bukan foto menarik untuk dipajang di Instagram. We help people live a better life story. Tetapi tetap saja sesekali aku dapat kritikan, terutama dari teman dan keluarga “I miss the old Deasi, BUT Deasi has changed!”

Biasanya aku dikritik karena nggak punya lagi banyak waktu untuk acara kumpul-kumpul, atau makannya nggak seperti dulu lagi, dan banyak hal lainnya yang bakal nggak fun lagi kalo aku ada because I’m not interested in it anymore. I have changed to work for long hours and promote woman wellness & sustainability and I have to promote our eco business and ideas, way of life which is completely different from the majority of people and and barely have time to have “the old time ways of fun”.

Masuk akal banget sih, seringkali teman dan keluarga besar nggak tertarik dan nggak nyaman dengan keberadaanku beserta keluarga. Orang pada umumnya nggak nyaman jika ada yang ngomong atau mempromosikan meski secara nggak langsung tentang sesuatu hal yang berbeda dari apa yang mereka lakukan. Ada orang-orang (banyak orang pada kenyataannya) who’s in it for the money. Alhamdulillah tidak begitu dengan usaha kami. Meski begitu.. kita nggak nyalahin siapapun untuk merasakan apa yang mereka rasakan tentang kami dan usaha kami.. It’s okay

Terpisah dari sisi kehidupan keluarga kami yang agak berbeda, Aku sangat bersyukur kalau aku bukan Deasi yang dulu.. (lagu banget ya!). Iya banget aku masih suka nulis journal, iya  banget aku masih super cerewet klo dah ketemu teman sehati.. iya banget aku masih cinta sama kucing, baca buku sebelum tidur, dan duduk di rumput tanpa mikir nih baju tar kotor @_@ and still wishing honey will let me to climb trees. Tapi waktu berlalu, dan akupun sudah berubah.

Kalau aku nggak berubah, pasti ada yang salah dengan diriku!

Manusia itu diciptakan untuk bertumbuh, berubah, dan kalau kita tidak berubah, pasti ada yang salah!

Kita semua sadar nggak, ngerasain nggak, kalau dikehidupan ini, secara alami ada kekuatan yang bikin kita nggak mau berubah, nggak mau menjadi lebih bijaksana, nggak mau menjadi kuat dan inginnya just stay in our comfort zone. Apapun alasanmu, hal-hal seperti ini harus diperangi agar kita bisa berubah!

Bukankah Allah menciptakan kita untuk tumbuh, mulai dari rahim ibu, lahir, balita, dan melalui berbagai pembelajaran mulai dari belajar tentang Cinta, Keyakinan, hingga gimana biar bisa posting foto selfie di Instagram 😉

Kita belajar, kita berubah dari waktu ke waktu.. berubah menjadi lebih baik? Itu pikir kita.. itu keinginan kita.. Bagaimana dengan berubah untuk Bumi ini?

If we don’t want to stay the same, Why wouldn’t we do the same for our Earth?

Bumi tercinta inipun mengalami perubahan yang luar biasa, kalo aku ngebayanginnya, seperti bumi itu di operasi sana sini, ditarik sana sini, diwarnai, disampahi, dan pun dia menangis, kita masih belum mau berubah.. Kenapa kita nggak mau berubah untuk bumi ini? (satu-satunya tempat tinggal murah dan banyak gratisnya!)

Old_Earth.jpg

Untungnya aku nggak suka musingin reaksi yang muncul 😉

Setiap pagi, aku bangun dengan bahagia alhamdulillah, dan super excited to start the day and to do my work with Green Mommy Shop dan segala hal diseputarnya, termasuk our family sustainability journey. Aku percaya, dengan selalu bersemangat dan bahagia kerjanya dan ngerjain kerjaan setiap harinya secara konsisten, hal ini bakal ngasih perubahan yang berarti. Termasuk merubah hidup kami sekeluarga. Kami sekeluarga tidak perlu bertumpu pada orang lain untuk mendapat persetujuan untuk hidup sustainable to the fullest. We believe we can make things happen with Allah’s will n perserverance..

Kami suka banget menginspirasi teman-teman di sekitarnya, untuk melihat dunia dan kehidupan dengan cara yang lain, merubah kehidupan menjadi lebih baik dan kami nggak merasa jengah untuk woro-woro, share, ngobrol tuk sharing hal-hal seperti ini (termasuk nyaranin klo bersihin wajah pake Soul of Roses temannya si Morning Dew itu super bikin kulit sehat lhooo :-* ).

If you think I like to be a salesman (meski seluruh hidupku tuh jualan sejak bayi alias my mom is pedagang), I don’t! Aku juga nggak suka dengan tipu-tipu jualan baik produk maupun ide..  Tapi harusnya, mereka-mereka yang punya sesuatu yang baik untuk “dijual” kudu terbuka agar orang lain bisa tahu dan bisa mengambil manfaatnya dan agar perubahan itu bisa terjadi.

Faktanya, aku sekeluarga nggak seberapa peduli dengan apa yang dipikirin orang lain tentang kami. Kami lebih peduli, bagaimana kami bisa dekat dengan kalian.. make a difference in life. Kalo pas waktu senggang, what do we do? We Have fun! Do picnic, watch movie together n eat cookies n coffee..

Ngomong-ngomong tentang carlotaku (baca:celotehan) sana-sini dari atas tuhhhhh.. Aku sebenarnya pengen sharing aja.. kalau kita itu harus berubah dan berubah itu bukan hantu kok.. bukan sakit gigi juga ;-), .. terutama berubah untuk BUMI, mulai hari ini!

Pada tahu kan klo hari ini adalah Hari Bumi “Earth Day”, (meski harusnya Earth Day itu diperingati setiap hari).

earthday2.gif

Kenapa juga kita harus merasa nggak nyaman dengan merubah diri untuk bumi ini

Kenapa kita merasa nggak nyaman dengan postingan dan himbauan membuat perubahan untuk satu-satunya planet yang bisa ditinggali ini.

Pastinya bumi akan jadi lebih baik jika kita berubah

Bumi yang penuh sampah dan kita yang pada tunjuk sana sini nyari siapa kambing hitamnya akan berhenti menjepit hidung karena bumi nggak bau busuk lagi..

Teman-teman yang nggak sehat karena makanan yang nggak organik akan lebih bahagia jika berubah menjadi sehat

Yang pada jerawatan, bruntusan karena polusi dan junk food, belum lagi karena toxin in our everyday life bakal lebih berseri kalau jadi lebih mulus..

I believe it’s okay for all of us to get better.

I believe it’s okay for all of us to make the Earth Better.

Jadi kalau ditanya lagi, apa aku masih mencintai diriku yang dulu?

Itu pasti! Tapi kangen sama Deasi yang dulu.. nggak deh.. 😉 I’m better now, we’re better now.. and neither me nor my family are going back to be the old kind of us!

Hopefully, Ten years from now, may we all look back and love who we were and not regretting that we didn’t change! That we didn’t change for the future of our Earth!

 

Day is passing.. but I’m still here (tetap terus berubah)

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s