Ramadhan Journal+ Tips Zero Waste hari pertama

Ngomongin tentang Zero Waste, untuk sebagian besar dari kita, pasti mikirnya jadi negatif atau tidak termotivasi sama sekali atau paling parah lagi, ini yang umum “nggak mungkin lah hidup zero waste, dengan alasan point 1,2,3,dst alias bikin alasan” kenapa juga nggak bikin alasan gimana biar ini bisa terealisasi.

Pastiin baca tentang Zero Waste Ramadhan di link ini Zero Waste Ramadhan

Zero Waste itu bukan tentang menghasilkan 0 sampah kok (I think this is quite impossible, unless u living like hermit or such, I’m not trying to think less of them, but them as living zero waste for real).

Sekarang kita ngomongin, kenapa kita ada disini, kenapa aku ada disini, nulis artikel ini?

Berusaha untuk hidup sustainable itu adalah pilihan. Dan untuk keluarga kami bisa tetap konsisten dan terus berbenah untuk sedekat mungkin bisa sustainable itu pun nggak mudah. Dan untuk bisa hidup sustainable itu banyak planning, banyak riset, banyak latihan, banyak nyangkul, banyak lumpur, banyak luka, banyak lelah dan banyak makan biar kuat nyangkul dan menghadapi hari.. serius! I’m not joking.. we did all.. kami mulai sudah 1 dekade lebih dan nggak pernah slowing down.. kadang kita berlari cepat, kadang melambat, mengikuti apa yang dibawa oleh kehidupan, diberi Allah. Tapi kami nggak pernah sedetikpun berhenti atau berbalik arah menjauh dari cita-cita bisa hidup sustainable to the fullest.

Aku nggak akan nulis panjang lebar tentang keruwetan hidup sustainability, tapi dibulan Ramadhan ini, “The Most Beautiful Month of Blessings” aku nyoba untuk nulis tentang sustainability dari 1 angle saja yg sederhana, yaitu praktek tentang zero waste lifestyle, atau gaya hidup zero waste.

Apa sih bedanya zero waste, sustainability, green life? Semua ada kaitannya, klo aku bisa bilang seperti ini:

Zero waste itu adalah salah satu tindakan atau praktek dikeseharian kehidupan kita untuk mencapai hidup yang sustainable. Green life adalah mini versi dari sustainable life. Dan zero waste adalah salah satu praktek dari green life pastinya. Jadi, baik mau ke green life, baik mau ke sustainable life, keduanya butuh untuk melakukan zero waste life semaksimal mungkin.

Jadi bagaimana kita memulai untuk hidup zero waste?

Nggak usah pake acara pecah kepala ya.. sangat sederhana kok, tapi kudu lumayan sistematis.

Ada yang pernah dengar konsep simple life atau minimalis?

Untuk teman-teman yang hidupnya sudah sangat sederhana bahkan minimalis, untuk bertransisi ke zero waste life akan mudah, ataupun untuk teman-teman yang sudah vegetarian atau vegan atau paling nggak, meski nggak menyebutkan pola makan, tapi sudah sangat kurang makan hewani dan processed food, zero waste akan sangat mudah. Hanya butuh keinginan dan disiplin saja alias konsisten.

overwhelm1

Dan untuk kalian yang nggak ada di kedua kategori diatas, jangan berkecil hati. Zero waste kudu dimulai darimanapun titik dimana kalian mulai. Bayangin untuk kalian yang harus mulai dari nol, kalian bakal punya imprint alias peta yang bakal bisa menolong masyarakat yang punya dilemma yang sama. Akan beda dengan teman-teman yang akan memulai zero waste dari hidup yang udah sederhana atau vegan. Tuh kan, each of you have your own part in making this world a better place.. Tiap kalian punya jatah sendiri-sendiri untuk berbuat kebaikan lebih di Ramadhan ini.. Allah open to us so many ways to do good things in our life. To gain His Love n Mercy.

Cara untuk mulai Hidup Zero Waste

  1. Sederhanakan rumah kita (jangan mikir menyederhanakan hidup secara general, bisa pecah kepala beneran kalian nanti!). Stick to the house.. bukan nempel ke rumah ya.. tapi fokus ke rumah dulu. Buat rencana untuk menyederhanakan rumah, buat target per ruangan.
  2. Mulai untuk membongkar dan mengkategorikan mana-mana yang akan disimpan, dijual, didonasikan, direcycle, dipakai, dikomposkan, dll. bongkar dan kategorikan sesuai rencana dan disiplin, jangan mentang-mentang punya waktu, rencana hari ini bongkar dapur, jadi merembet bongkar gudang, ampun dahh.. tau-tau, udah mo magrib, belum masak dan jadinya beli makanan matengan.. jadi jauh deh dari zero waste.. 😉
  3. Semua yang sudah dikategorikan, yang butuh untuk harus keluar dari rumah seperti yang harus didonasikan, dijual, direcycle, diberi ke orang lain, punya orang lain yang kita lupa balikin, yang mau dikomposkan, keluarkan dari rumah. Buat jadwal kapan mengeluarkannya dari rumah.
  4. Bikin rencana untuk mulai menjalankan zero waste dari rumah (fokus ke rumah aja ya.., baca kembali, 6 peraturan untuk zero waste yang ada di link ini Zero Waste Poster silahkan didownload dan ditempelkan di ruangan yang paling sering ada aktifitas keluarga, seperti ruang makan, atau dapur atau ruang keluarga. Atau kalau mau baca lebih detail breakdownnya di Zero Waste Tips & Downloads
  5. Siapkan alat dan barang dan hati (dengan banyak peniti hati, kalian pasti butuh ini banget) yang akan perlu digunakan untuk hidup zero waste, misalnya: kantong belanja reusable, dengan berbagai ukuran, wadah untuk refill misal botol minyak, toples kaca untuk keju, atau ikan atau ayam atau daging, dll.
  6. Mulailah sebisa mungkin, nggak usah nunggu kapan alat dan bahan dan mental akan siap. Rata-rata dari kita akan langsung siap untuk hidup zero waste kapanpun dia mau. Mau ya.. :-* :-* Dan yang penting lagi, jangan nenggok kebelakang lho.. bahaya, ini kayak kita panjat tebing, bisa jatuh klo nenggok kebelakang.. flash back okelah.. tapi tar jadi pengen males lagi klo keseringan nenggok ke belakang.
  7. Ajak komunitas di sekitar tempat kalian tinggal untuk hidup lebih zero waste. Aku tahu, ini susah banget.. klo gampang, udah dari dulu RW di tempat kami tinggal bisa lebih Zero Waste, tapi buktinya nggak, meski 3 tahun berturut-turut, 3 RW di kelurahan kami, termasuk tahun kemarin RW di tempat kami tinggal, menang lomba lingkungan sehat, bersih, ramah lingkungan, dll tingkat kota Malang, bahkan di tingkat propinsi dan nasional juga dapat juara. Tapi pada kenyataannya, toh ya pada kesehariannya masyarakat masih jauh hidupnya dari Zero Waste. Just don’t give up. Hidup emang nggak mudah, selalu banyak halangan, dan banyak rewards inshaAllah.

Sudah, sesederhana step diatas itu aja secara general untuk memulai Zero Waste Life. Untuk detailnya.. bisa dipikirin sambil jalan, atau rajin baca-baca artikel dari sini ya..

Sekarang, kita ngomongin 1 tips untuk 1 hari menuju Zero Waste.

Hari ini kita mulai dari hal yang paling mudah, dan semua pasti bisa.

Sediakan kantong belanja yang bisa dipakai berulang, idealnya kain, kalau nggak punya, pakai apa aja yang ada untuk sekarang, misal kantong plastik bekas.

no plastic bag copy

Dan tulis terus tempel di dinding, reminder hari pertama (nanti remindernya di print jadi 30 hari reminder yaa…)

Selalu sediakan kantong pakai ulang kemanapun akan pergi, sediakan di masing-masing tas, mobil, jok motor, sepeda & pintu keluar rumah.

Pada kenyataannya, membawa tas sendiri untuk berbelanja sudah bukan hal yang aneh lagi J, dan pun jika misal kita nggak mau membawa tas plastik bekas yang kita miliki, rata-rata toko besar/supermarket/mal memiliki tas kain untuk kita beli. Juga, kita bisa berhemat dengan membawa kantong belanja sendiri, karena sekarang sudah dikenakan biaya per penggunaan kantong plastic di berbagai merchant besar.

Tapi pada kenyataannya, meski hal ini mudah dilakukan, tetap saja sampah dari kantong plastik masih jadi dilemma, masih dipergunakan secara umum. Kita masih malas bawa kantong belanja sendiri. Kita masih sungkan nolak kantong baru.

Pernah kita bayangin nggak darimana asal kantong plastik itu? Dari tanaman atau pohon yang bisa diperbaharui? Tentu bukan.. Plastik dibuat dari minyak bumi, minyak bumi yang menjadi sumber daya yang TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI! Bayangkan kita butuh mana? Kantong plastic nyedot minyak sampe habis atau buat isi bensin/solar agar kita bisa tetap menggunakan kendaraan untuk alat transportasi. Mana yang lebih penting?

plastic garbage

Menggunakan kantong belanja sendiri itu sebenarnya seperti banyak hal lainnya dikehidupan ini, hal yang akan menjadi kebiasaan jika semakin lama kita lakukan secara konsisten. Bayangkan kalo kita menggosok gigi setiap hari, minimal 2 kali sehari.. bisa nggak kita nggak gosok gigi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan? Setelah sebelumnya kita sudah terbiasa sejak batita menggosok gigi? Mustahil kan? Kepleset sekali dua kali, tiga kali, tapi nggak akan kita berbalik nggak gosok gigi selamanya.. sama dengan kebiasaan menggunakan kantong belanja sendiri. Dan sabar ya.. kebiasaan itu butuh waktu.. nggak instant..

Berikut tips untuk Zero Waste Kantong Belanja

Refuse

  • Tolak kantong plastik belanja baru (kan sudah punya kantong sendiri)

Reduce

  • Tolak meski kantongnya kain dan bagus (pikirin, kita sudah punya, nggak perlu punya yang baru, meski punya kita kurang stylish, kurang up to date karena ini akan jadi sumber sampah baru, dan kita berarti, setuju dengan praktek-praktek kado gratisan yang kita nggak butuh, suara kita adalah tanda dimana kita berpijak, suara adalah perubahan), bahagialah dengan apa yang kita punya.

Reuse

  • Jika kantong belanja di rumah masih kurang, coba lihat koleksi kain yang sudah tidak bisa dipakai, atau kaos, atau seprai? Ini semua adalah bahan-bahan potensial untuk dibuat kantong belanja lho..

Recycle

  • Untuk kantong belanja yang usianya sudah uzur.. sudah nggak bisa dipakai lagi.. nggak bisa dijahit lagi, kain bekas bisa di recycle, tergantung system recycle di masing-masing kota kita

Rot

  • Ini akan menjadi pilihan paling umum, untuk kantong belanja kain kita yang sudah tidak bisa dipakai tetapi tidak bisa juga direcycle. Pastikan kita komposkan sendiri atau kirim ke tempat pengomposan masal. Kami sudah mencoba, pengomposan kain yang paling cepat adalah dengan cara worm composting, kaos dalam suami dan our sweet under garments, habis dalam waktu 1 minggu! Tapi maaf, ya.. ini omong doang, nggak punya fotonya.. we try this 7 years ago. Jaman diriku belum gemar selfie keseharian..

Rasanya sudah panjang sangat artikel ini…

Mulai dari hal kecil, mulai dari mana-mana yang bisa dimulai, dan untuk lebih mudahnya lagi.. mumpung Ramadhan nih.. inshaAllah GMS akan sharing tips & poster zero waste ramadhan journal 30 hari..

Jadi kalian bisa lebih mudah untuk praktek zero waste dari hari ke hari.. pilihlah mana-mana yang memungkinkan, dan sesuaikan seiring waktu..

May Allah’s Love and Mercy be upon us all

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s