Ramadhan Journal+ Tips Zero Waste hari ke 2

Kalau ada yang bilang Zero Waste Life itu susah..

Jawabannya tergantung..
Seperti semua dalam hidup ini, mana ada sih hal baik yang mudah didapatkan?

Semuanya butuh latihan, latihan bukan sembarang latihan, tetapi latihan yang benar, sedikit demi sedikit tetapi konsisten.

If everybody said practice makes perfect, Nggak benar adanya atau kurang tepat pengandaiannya.

Karena kalau latihannya dengan cara yang kurang tepat,
nggak benar,
asal-asalan,
nggak terstuktur,
nggak terencana,
yang didapat hanya rutinitas yang bisa dibilang kurang berarti, akhirnya menjadi bosan, dan ditinggalkan.

Seperti halnya kita yang setiap hari memilih bermain tenis, yang penting olahraga, menggerakkan badan, 30 menit sehari, asal-asalan, kita-kita yang melakukan ini secara rata-rata nggak bakalan menjadi Yayuk Basuki, apaagi Serena Williams πŸ˜‰

Latihan yang benar, sedikit demi sedikit, secara konsisten apalagi terstruktur, dibimbing guru/tutor/atau memiliki komunitas pendukung is best.

Sama halnya dengan praktek Zero Waste.

Jangan terlalu bersemangat, memaksakan diri, dan melakukan dan mencoba segala hal bersamaan, biasanya kalau gagal, terlalu sibuk, dan menghadapi rintangan lainnya diperjalanan, kalian akan balik ke kehidupan sebelumnya. Dan meninggalkan praktek Zero Waste.

Hari ini, hari kedua praktek Zero Waste kalian..

Apa hal kecil yang mudah kalian lakukan, dan mungkin sudah lumayan menjadi kebiasaan?

Kalau kemarin kalian sudah memastikan untuk membawa kantong belanja sendiri dan pastikan selalu ada kantong belanja extra di tas.

Hari ini, pastikan untuk memulai menggunakan botol minuman sendiri secara konsisten, atau plus gelas minuman sendiri, misal jika harus ke pesta kebun yang biasanya menyediakan minuman buah tetapi tempat penyajinya dari gelas plastic atau kertas.

Matte-Black-Stainless-Steel-Water-Bottle-25oz.png
Dan ingat-ingat dengan Peraturan 6R (lakukan sesuatu dengan urutan tersebut)
Refuse
Reduce
Refill
Reuse
Recycle
Rot

Sekarang kita ngomongin Botol minum kita kaitannya dengan 6R
Refuse
1. Tolak untuk membeli minuman dari botol plastik sekali pakai.
2. Nggak perlu menerima tawaran minuman gratis dari botol plastik ataupun.
3. Tolak dengan manis, jika diberi atau ditawarkan kado botol bpa free gratis termasuk botol stainless steel gratis dari acara-acara atau bonusan belanja, kita kan udah punya botol minuman sendiri (and remember you’re voice count!).

Reduce
1. Pastikan selalu membawa botol minuman sendiri.
2. Jika belum punya botol stainless steel, dan cuma punya botol plastik (termasuk bpa free), jika sudah nggak bagus, upgrade ke botol stainless steel adalah pilihan terbaik.

Refill
Pun kalau minuman kita habis, kita bisa beli isi saja.. di rumah tetangga, rumah teman, di restoran apalagi di warung!

Recycle
1. Pastikan merecycle botol minumanmu yang sudah rusak
2. Pilihan botol plastik sekali pakai bisa direcycle itu, bukan solusi untuk zero waste, karena akan membuat kita selain merasa tidak terbebani, merasa kurang bersalah dan kita jadi merasa nyaman menggunakan bahan yang bisa direcycle tetapi tidak menyadari seberapa banyak sih sampah yang bisa direcycle yang sebenarnya terecycle? Pada kenyataannya, sebagian kecil sampah saja yang bisa ditangani, termasuk yang terecycle, sisanya, sampah akan berakhir ke TPA untuk dibakar, terbuang kemana saja yang tidak pada tempatnya, dan meninggalkan polusi berabad-abad sesudahnya.

Rot
Sayangnya ini bukan pilihan untuk sampah jenis ini, baik stainless steel, kaca ataupun plastik BPA Free.

botol plastik copy

Jadi untuk Botol Minum, pastikan kalian membeli botol dari bahan yang berkualitas, yang pastinya akan tahan bertahun-tahun lamanya, tidak 1,2,3,4 tahun saja, bahkan puluhan tahun sesudahnya inshaAllah. Menabung sedikit ekstra lebih baik untuk mendapatkan barang yang lebih berkualitas, karena pada akhirnya, barang-barang yang berkualitas itu akan menjadi sangat ekonomis harganya dalam jangka panjang.

Jika kamu memilih untuk beralasan tidak akan punya cukup uang untuk membeli botol stainless steel (saya lho nggak percaya, terutama kamu yang baca artikel ini, bisa online dari gadget), botol stainless steel bisa kamu dapatkan dengan harga termurah 50rb an dan semakin mahal semakin bagus pastinya. Pikirkan fungsi dulu deh daripada kualitas, jika dana adalah kendalamu.

plastic-bottles-ocean-pollution-9-728.jpg

Hal lainnya juga..

Kalian yang generasi 70an, 80an, bahkan generasi sebelumnya, hal membawa botol minum itu sangat nggak lazim lho.. kita pergi berenang, kita pergi main sepeda, biasanya kita nggak akan bawa botol minuman, haus kita tahan, setelah beraktifitas 1-2 jam bahkan sesorean selama berjam-jam, kita pulang dan minum di rumah, atau jika singgah ke rumah teman, pasti minta minum di sana. Bukannya nyari toko beli minuman dalam botol (aku ngomong dari pengalaman masa kecil hingga dewasa lho.. hayoo.. yang seumuranku atau lebih tua..yuk ceritain ke anak-anak dan cucu kita..).

plastic-oceans-why-is-plastic-in-our-oceans-a-problem-4-638.jpg

Start slow, start with full awareness, start with good intention in mind, be consistent and find support around you, either make your family in as your team about this Zero Waste or your friends, or find anyone to support each other.

May Allah happy with us in every contentment of our conditions
and every struggle we endure to please Him

Allah loves beauty and Less Waste on earth is Beautiful indeed!
How can we not wanting to make Allah loves us more by taking care of this earth?


Have a Restful weekend!

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s