Ramadhan Journal + Tips Zero Waste hari ke 3

INI SUPER BIKIN SEDIH!
karena Puasa itu kaitannya dengan kebaikan.
Mananya yang bagian kebaikan kalau kita nyampah malah melebihi hari-hari sebelumnya disepanjang tahun meski itu dengan alasan kebaikan.

Goodness shouldn’t be in the greyish area
Goodness shouldn’t be tainted with bad consequences

Salah satu sampah terbesar yang kita hasilkan selama bulan puasa adalah :

  • Sampah dapur dari konsumsi berlebih (yang jadi terbuang percuma) di bulan puasa (rata-rata kita makannya lebih extra special, ada juga yang makannya lebih ekstra banyak atau lebih ekstra hewani).
  • Sampah karena maksud yang mulia yaitu membagikan makanan untuk mereka yang membutuhkan atau untuk sekedar berbuka puasa bersama atau hantaran makanan untuk teman, saudara dan tetangga.
  • Sampah dari makanan beli dari luar/makanan matang/take away food.

Hari ini kita bahas tentang Bagaimana menerapkan Zero Waste untuk keperluan kita sendiri sebagai pihak yang menghadiri buka puasa bersama, diberi hidangan takjil, atau ketika kita harus membeli makanan untuk berbuka puasa.

Jadi apa solusinya?

Bawa wadah makanan & alat makan sendiri untuk takjil, buka bersama atau membeli

takeoutwithoutJadi bagaimana Zero Waste hari ini bisa praktekkan dan dimaksimalkan? Ingat, tingkat kesulitan akan berbeda tergantung, kekuatan hati kita, disiplin dan kesiapan alat perang (perlengkapan makan dan minum sendiri).

Solusinya bisa:

  • Bawa wadah makanan dan minumanmu sendiri untuk membeli makanan/minuman baik wadah bekas yang dipunya (jangan gunakan wadah plastik untuk makanan dan minuman panas!) atau wadah khusus makanan dan minuman yang lebih sehat dan ramah lingkungan plus tas kainnya atau tas yang anti air untuk mencegah makanan yang dibeli atau dibawa pulang tumpah jika berkuah.
  • Jika diundang untuk berbuka bersama, berjaga-jagalah dengan membawa peralatan makananmu sendiri, seperti piring, sendok, garpu, sapu tangan, gelas atau botol minuman.

Ok, sekarang ayo menyelami Zero Waste untuk sampah dari wadah makanan dalam bulan puasa ya..

Refuse

  • Jika ini kali pertama kalian melakukannya dan tidak enak hati, apalagi mereka yang sharing karena peduli dan hanya mengharapkan Cinta Allah, sampaikanlah dengan sopan, pemberiannya kamu terima, tetapi, mohon dikali lain, alangkah indahnya jika makanannya diberikan dalam wadah yang ramah lingkungan misal kardus, atau lebih indah lagi tanpa sampah wadah makanan sama sekali. (Not easy, but our voice count!).
  • Tolak dengan sopan pemberian makanan dan minuman dari wadah plastic atau sterofoam atau kertas makan berlapis plastik termasuk sedotannya.
  • Jangan berbelanja makanan dan minuman dari tempat yang tidak mengijinkan kamu membawa wadah belanja untuk makanan dan minumanmu sendiri.
  • Tolak pemberian tissue makan, pilih cuci tangan sebelum dan sesudah makan saja.

Reduce

  • Kurangi penggunaan kantong plastik ekstra untuk tempat makanan yang dibeli. Biasanya untuk setiap jenis makanan, akan diwadahi sendiri dan di lapisi lagi dengan kantong plastik ekstra.
  • Kurangi penggunaan sedotan, kita bisa lho minum tanpa sedotan.
  • Kurangi penggunaan sendok plastik, makan pakai tangan saja atau misal kamu diberi sendok plastic 1 untuk makanan dan 1 untuk sendok takjil, pilih 1 saja, bisa dimultifungsikan.

Reuse

  • Selalu bawa kantong extra untuk takjil dadakan yang bisa dibawa pulang.

Recycle

  • Pilah dan daur ulang semua sampah yang bisa di daur ulang. Baik sedotan plastic, kantong plastic, dll.

Rot

  • Komposkan wadah dari makanan dan minuman, termasuk wadah yang bisa dikomposkan.

Sebenarnya, kita manusia rata-rata pilihan apa yang akan diputuskan untuk dibeli & dikonsumsi itu, akan tergantung pada motivasinya.

Nah.. kalau motivasinya sudah mikirin zero waste.. pasti adaaa aja jajanan sehat, yang wadahnya ramah lingkungan, atau bisa beli isi saja.. yang akan mempermudah zero wastemu selama bulan ramadhan.

Dan untuk buka bersama nih.. pasti asik banget, kalau kamu membawa peralatan makanan dan minumanmu sendiri, dan sharing kenapanya dengan yang orang lain..

zero waste ramadan

Ramadhan Good deeds can start from anything as simple as how we manage our waste!
 
Deasi

picture from: http://takeoutwithout.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s