Ramadhan Journal + Tips Zero Waste hari ke 16

Kemana tempat belanja yang paling bisa mendukung kita untuk hidupnya lebih zero waste? Agar belanjanya lebih zero waste?Β 
Jawabannya: Pasar Tradisional & Usaha Lokal Rumahan!

Hari ini kita membahas kenapa sih penting untuk berbelanja ke tempat-tempat tersebut dibanding ke tempat belanja lainnya?
1. Bisa berbelanja dengan harga terutama produk pangan termurah dan produk buatan lokal untuk kebutuhan kita termurah pula (bisa nawar karena bisa bertemu langsung dengan pemilik atau pembuat).
2. Ini yang paling penting, karena kita bisa berbelanja bebas sampah, dengan membawa wadah sendiri. Baik belanja keringan atau belanja produk cair/basah seperti ikan, daging, keju, dll.
3. Kita jadi lebih kenal dekat, lebih peduli dengan masyarakat yang tinggal di kota kita, “Tak kenal maka tak sayang” is real! mereka-mereka yang jauh dan hanya berteman di sosial media, its not our real friends!. Be in touch with real people in real life!
4. Mendukung perekonomian lokal.
5. Berbelanja zero waste juga ada kaitannya dengan dampak lingkungan dalam jangka panjang, dengan berbelanja di tempat lokal kita jadi berhemat sumberdaya alam yang tidak bisa diperbaharui yaitu minyak bumi sebagai sumber energi alat transportasi, packaging (baik bahan terasuk proses pembuatan, dll).

Nah gimana nih, untuk mulai menyiapkan alat tempur berbelanja Zero Waste?
1. Siapkan kantong belanja besar, yang berfungsi sebagai penganti kantong plastik belanja terbesar, untuk membawa belanjaan yang kecil-kecil.
2. Siapkan kantong belanja kecil, kiloan, seperempatan, hingga jika untuk beli cabe 1000, daun salam 500 perak, dan sejenisnya. Banyaknya sesuaikan dengan kebiasaan berbelanjamu saat ini, planning sangat dibutuhkan diawal.
3. Siapkan wadah berbelanja cairan, seperti susu, daging, ikan, keju.
4. Bawa kantong roti (yang ini tergatung besarnya roti yang biasa kamu beli.
5. Bawa kantong beras, misal biasanya belanja beras 5kgan, pastikan punya kantong yang sesuai, misal alternatifnya, sarung bantal bekas, pas banget tuk kantong beras atau terigu!.

Sekarang kita ngomongin planning tuk belanja zero waste ya..
1. Buat dulu daftar produk yang akan dibelanjakan dan kategorikan (semua produk, mulai dari makanan, minuman, pembersih rumah tangga, tissue, hingga personal care dan kosmetik). Ini dulu yang dipikirkan, we do one step at a time. Kebutuhan yang tidak dikonsumsi setiap hari, kita pikirkan nanti. Kenapa? Karena kebutuhan yang kita pakai setiap harilah yang menghasilkan sampah terbanyak!
2. Setelah selesai membuat daftar, buat kolom disebelah setiap daftar dan mulai kita pikirkan dan tuliskan, dimana tempat kita bisa mendapatkan produk tersebut tanpa packaging bahkan kalau bisa belanjanya tanpa nota belanja. Kita bisa kok menulis harga disamping belanjaan seperti berbelanja di pasar πŸ™‚
3. Disamping daftar tempat belanja zero waste, buat tempat alternatif untuk berbelanja (ini penting karena ada produk yang sulit kita hidup tanpanya!).
4. Buat rencana belanja, idealnya berbelanja sesering mungkin, untuk menghindari membuat produk karena rusak terutama untuk sayur, buah dan hewani, dan seminggu atau sebulan sekali untuk produk keringan seperti kacang dan biji-bijian, bumbu, beras dan terigu.

Untuk tempat berbelanja tertentu yang sepertinya tidak pernah ada customer menggunakan kantongnya sendiri, pastikan untuk bikin appointment dengan managernya terlebih dahulu. Jika tidak memungkinkan. Cari solusi tempat lain!.

Di Indonesia ini, kita punya sangat banyak opsi untuk berbelanja tanpa sampah! Pasar dan toko kelontong adalah tempat terbaik! jika mereka memberikan plastik, coba ketika baru datang, langsung sodorkan kantongmu sendiri πŸ™‚

Karena terbiasa berbelanja dengan membawa kantong belanja ke pasar sendiri, biasanya para penjual di pasar, yang sudah bertahun-tahun hafal dengan kebiasaan saya, pasti akan duluan nanya, “Kantongnya mana bu Deasi?”

Everybody can cooperate if only we will talk friendly.
Who don’t want to get their product sold anyway?
I do.. (speaking as a person who run a home business).

Tips belanjaku jika belanja banyak jenis ke tempat baru atau ketika harus belanja dadakan dan tidak membawa banyak kantong:
Meminta dengan fun “Masukkan saja semua belanjaannya jadi satu ya.. nggak apa-apa kok.. πŸ™‚ (pake senyum!”
Udah nggak kehitung berapa kali aku belanja seperti ini, baik di mall, di pasar. Kentang, cabe, wortel, semua jadi satu (salahku juga nggak bawa, and I’m responsible for not being prepared!).
Kalau di mall, belanja di toko, toko kecil misal beli jilbab, aku minta nggak usah diplastikin, dikantongin “mbak, jilbabnya aku masukin ke tas ya.., tasnya longgar kok”. (Seiring tahun berjalan, We have favorite places to buy with less packaging, less waste). InshaAllah I will share my list of places another time.

Zero Waste Shopping
Refuse

1. Tolak kantong belanja plastik, packaging plastik.
2. Tolak berbelanja ke tempat yang tidak mau bernegosiasi dengan permintan belanja bebas wadah apalagi wadah plastik terutama jika tidak boleh refill (kecuali tidak ada opsi dan kamu tidak bisa hidup tanpa produk tersebut!).

Reduce
1. Kurangi berbelanja online, kecuali tidak ada opsi
2. Kurangi berbelanja produk dengan packaging, terutama packaging plastik atau tidak bisa didaur ulang, pilihan pertama produk jika harus ada packaging adalah packaging yang bisa dikomposkan.

Refill
1. Maksimalkan berbelanja dengan sistem refill baik dengan wadah produsen/penjual atau dengan membawa wadah kita sendiri, seperti berbelanja di GMS, apapun bisa kami refill inshaAllah! asal wadah kalian datang sudah bersih dan siap direfill ^_^
2. Untuk sistem refill yang harus pesan sebelumnya, seperti juga di GMS, pastikan kalian merencanakan dan membuat jadwal rutinitas belanja jauh-jauh hari sebelumnya.

Reuse
1. Sebelum membekali diri untuk berbelanja zero waste dan mengumpulkan wadah belanja, pastikan berbelanja wadah berbelanja di rumah dulu ya.. (cari apa yang bisa digunakan dari rumah, jangan pilih opsi membeli semaksimal mungkin).
2. Gunakan kembali wadah yang didapat dari tempat berbelanja jika kemudian kalian harus berbelanja dengan wadah dari toko/penjual.

Recycle
1. Pastikan untuk merecycle alat belanja yang sudah rusak, seperti kaca, kaleng, plastik yang bisa direcycle.

Rot
Komposkan alat belanja yang sudah tidak bisa direuse atau recycle.

zero waste 16 copy

KebetulanΒ ini hari minggu..
Pada mo belanja tuk Lebaran nih?
Pastiin nyoba belanja zero waste ya..

And let me know how you feel after you succeed shopping even just 1 thing zero waste style!
Kujamin, kalian pasti akan merasa sangat bahagia dan bersyukur!
Ingat momentum ini, dan bangun momentum zero waste shopping kalian dari 1 momen belanja ke momen-momen lainnya ^_^


Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s