Makan sehat, hemat + dapur zero waste tips 1

Alhamdulillah hari ini kita bisa ketemuan lagi.. ^_^

Sadar nggak kita kalau keahlian memasak itu adalah salah satu keahlian untuk hidup yang sustainable lho dan salah satu penyumbang sampah rumah tangga terbesar setiap harinya!..

Hari ini kita “BELAJAR MEMASAK”

Selamat ya untuk yang sudah pintar masak ^_^
Dan untuk yang sudah pintar masak, kembangkan keahlian memasakmu ke level Zero Waste!

Dan untuk yang belum bisa masak, ayo semangat, singsingkan lengan bajumu!

Memasak itu punya segudang manfaat seperti:
1. Kamu jadi tahu apa yang ada di makananmu (apalagi yang tadinya suka beli makanan jadi atau makan processed food? this can be an EYE OPENING MOMENTS!)
2. Kamu nggak akan pusing lagi milih antara beli di AYAM di PUJASERA atau AYAM di Resto PADANG
3. Kamu bisa bikin cake, blackforest, dan kado makanan lainnya yang bakal bikin orang lain super bahagia!
4. Jadi lebih sehat tanpa berusaha keras? masak sendiri aja ketimbang beli udah pasti lebih sehat lho.. (berapa persen sih yang belinya masakan luaran organik tanpa bahan kimia sintetis tambahan 3 kali sehari sepanjang tahun kalau selalu beli dari luar karena satu dan lain hal?). Nggak masuk akal kan?
5. HEMAT!
6. Kamu bisa STOP beli Mie Ramen atau Mie Instant!
7. Ingat gaya ninja pakai pisau? kamu juga bisa secanggih ninja, ciaatt!!! pakai sutil, pisau, chop chop chop chop!
8. Apapun yang kami pengen bisa keturutan!
9. Memasak itu nggak “sumuk” (baca: ongkep, alias panas!! hehe!).
10. Kamu bisa bikin masakan super indah super keren ala chef terkenal!!

Nah sudah termotivasi untuk belajar masak lebih serius?
Sekarang baca manfaat SERIUS dari keahlian memasak dibawah ini.

Belajar Masak kenapa bisa dibilang sangat penting, lebih penting daripada belajar cari uang?
1. Pastilah kamu tahu apa yang ada di makananmu (no filler no crap, just nutritious food or not is completely up to you!)
2. Kamu bisa memasak versi super food super healthy atau versi lumayan sehat deh, its totally up to you, yang pasti kita punya 100% kontrol untuk memasak makanan yang akan bikin kita lebih sehat dari sebelumnya!
3. Kita punya kekuasaan penuh untuk memperbaiki lifestyle, dalam hal ini Zero Waste Lifestyle (sustainable lifestyle pada ujungnya).
3. HEMAT
4. Pasti bisa ngasih kado hasil masakan lezat n bergizi donk..
5. Memasak itu bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk kamu dan suami bahkan untuk semua anggota keluarga (we have camp fire cooking everytime we get together in the farm or just spend time cooking together is one of our fav family fun!).
6. Menghasilkan sampah paling minimal dibanding beli processed food n cook food dari luaran.
7. Bisa super mengurangi sampah packaging (kita bisa kontrol packaging dari belanjaan kita).
8. Ibu yang bisa memasak dan memasak sehari-harinya akan sangat memotivasi anak-anaknya untuk belajar dan menikmati keahlian memasak (sadar atau tidak sadar, TERBUKTI!).
9. Kita jadi lebih mengerti apa yang akan kita makan, makan secara lebih etis, misal milih lebih banyak sayur daripada hewani, jika misal harus mengolah sendiri apalagi harus memelihara kemudian menyembelih dan membersihkannya sendiri.
10. Karena memasak itu pada umumnya menggunakan bahan fresh, kita pastinya jadi belanja produk lokal, seperti pasar, dan sejenisnya. Kita kemudian secara langsung jadi mendukung usaha lokal ketimbang usaha dari perusahaan besar.
11. Kamu jadi lebih sustainable/mandiri dari rumah.
12. Kamu akan lebih dicintai oleh siapa saja yang pernah nyicipin makanan lezatmu!!!
13. Great n Healthy food will bring family together (ALWAYS!).
14. More benefit to come in your GREAT KITCHEN from you cooking there!

Sudah bersemangat?

Sekarang bagaimana mulainya:
1. Minta diajari oleh orang rumah yang pandai memasak.
2. Ikutan masak di rumah atau di mana saja sesering mungkin .
3. Belajar mengikuti resep (jika tidak ada yang ngajari masak di rumah).
4. Belajar keahlian menggunakan alat masak dari you tube (jika tidak ada yang ngajari masak di rumah).
5. Belajar keahlian mengupas dan memotong bahan sayur, buah, hewani, dll
6. Belajar mengenali bumbu masakan dalam bentuk real dan dalam bentuk bubuk
7. Belajar untuk memasak free style alias tanpa resep, go wild go bold!
8. Konsisten belajarnya, practice makes perfect.

Jangan ngarapin bisa pandai memasak kalau ke dapur tuk belajar dan bantu-bantu masaknya cuma seminggu sekali!

Atau bantu-bantu masaknnya nggak naik-naik level, cuma bagian kupas-kupas n motong aja, atau bagian cuci pirin dan beres-beres dapur.. ^^

My Proven Strategy to teach anyone in the family to learn how to cook fast! (Ini untuk yang sama sekali tidak pernah memasak termasuk anak-anak yang sudah cukup umur)
1. Minggu pertama belajar ngupas dan motong-motong bahan + melihat semua proses lainnya
2. Minggu kedua belajar menyiapkan bahan+menyiapkan bumbu + melihat semua proses lainnya
3. Minggu ketiga belajar menyiapkan bahan+bumbu+menumis + melihat semua proses lainnya
4. Minggu keempat belajar menyiapkan bahan+bumbu+menumis + nungguin masakan sampai matang sampai mematikan kompor dan langkah wrap up/menghidangkan makanan + melihat semua proses lainnya
5. Semua proses memasak disambi dengan membersihkan dapur, jadi ketika masakan selesai, dapur beres, rapi, bersih lagi dan siap digunakan lagi!

Cooking is such a skill that really brings family’s heart n love together and for me it’s such a great blessing to be able to have a great cooking skill, yes I said great cooking skill! ^^ I’m not bragging, but I’m happy to master it. Its never been hard to learn, and it’s always fun even sometimes I shed tears when I failed trying new recipe (not because of the embarrassment but because of the effort and resources I’ve wasted and sometimes my family are waiting to eat and back then I’m not smart n don’t have any back up meal when I play with new recipe.

I remembered when My kids were small, from the eldest to the one that already have logic, their first interest when someone ask what do they want to be/do when they grow up, Cook is their first choice “I want to be a Chef, a cook they said!” It really warmth my heart knowing they have healthy relationship with food and appreciating the effort we human being to put into providing each of us healthy meal daily.

Yes, our biggest kids can cook (and they are boys!) and especially Yusuf, he loooveess making sure kitchen is tidy n clean n that he served the food beautifully and yummy!
Our medium size kids (the girls) are actively messing up with mommy’s kitchen whenever they get a chance to try something to cook, to make drinks or to help mommy.

dapurzerowastetips1.jpg

You will fall in love over and over again knowing your contribution to cook for your family is not only to make you and your family healthier but also to improve their iman, because you knowing, what you can do to provide healthy meal and your wisdom to cook and to choose the best ingredients and to be conscious with the kind of food you are cooking and then nourishing the body and soul trough the food is truly Allah’s blessings and openings to all of us who still eat, and to each us who cook!

Don’t forget to do dzikr or make dua while you are cooking (for my muslim friends).

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s