Ramadhan journal + tips zero waste hari ke 27

Tega ya aku ngomongin belanja lokal, ketika GMS beroperasi online juga..
Hari ini journalnya tentang:
“Pilih belanja Lokal daripada online”

Yang punya online shop seperti GMS siap-siap mencerna tulisan ini dulu ya..Jangan langsung ambil sisi negatifnya doang..
After all whatever we do, the end goals is for the better life. And think of the better Earth side by side with better life πŸ˜‰

Shall we?

Ada apa sih dengan dilema belanja online?
Masalahnya cuma 1 aja
SUPER NYAMPAH!

Kenapa?
Ngomongin shipping di Indonesia nih ya..
Kalau tidak di packaging, bungkus dengan double standard yang artinya DOUBLE SAMPAH, paket rentan, super rentan rusak, termasuk paket-paket kering pun tetap nggak aman pengirimannya. Karena masalahnya, handling barang oleh pihak ekspedisi yang menurut pribadi secara pribadi dan sebagai pelaku bisnis online sangat-sangat tidak terjaga.

Bandingkan dengan shipping Internasional ke Indonesia yang jaraknya super duper jauh tuh.. bisa aman, rapi sampai ke tangan! sampai versi barang pecah pun berkali-kali kami pernah coba beli termasuk barang sensitif seperti solar cooker!

Coba kalau di Indonesia tercinta ini..?
Kalau menggunakan servis paket biasa, pastiin siapin banyak peniti hati, biar nggak kecewa dengan bentuk paket atau kondisi paket ketika tiba di tangan kita.

Solusi saat ini?
Double standard
Hasilnya?
Barang aman dan Sampah Extra!

So what to do now? Solusi win-win untuk saat ini
1. Berbelanja di toko lokal semaksimal mungkin (GMS pun punya Distributor yang kemungkinan ada di daerahmu, or maybe you will be the next GMS Distributor?)
2. Berbelanja online dengan opsi meminta packaging yang lebih ramah lingkungan seperti: kardus bekas vs kardus baru, paper tape vs plastic tape, nggak perlu plastik jika produk kering dan aman.
3. Be okay with little damage that happened during shipping!

Lets dive into the Zero Waste tips
Refuse
1. Tolak belanja online jika produk yang dicari tersedia di kotamu! (kecuali belanja online di dalam kota yang bisa COD Ramah Lingkungan seperti GMS).

Reduce
1. Kalau masih belum bisa mengurangi belanja online, pastikan kurangi untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak ada solusi di daerahmu sama sekali!
2. Kurangi sampah packaging. Usahakan semaksimal mungkin untuk meminta penjual mengirim produk dengan minimal packaging aman dari dus bekas, dan menggunakan paper tape. (jika kamu rasa produk tersebut akan aman dengan minimal packaging, misal produk keringan yang tidak mudah pecah/rusak).

Refill
1. Belanja online seperti di GMS menggunakan sistem refill lho.. coba cari toko online lain yang menggunakan jasa serupa.

Reuse
1. Pastikan untuk semaksimal mungkin menggunakan sampah packaging dari belanja online untuk hal-hal yang bermanfaat sebelum berakhir ke daur ulang atau dikomposkan. Salah satu yang kami lakukan, adalah menggunakan kembali kardus dari supplier, dan untuk packing kayu, kami gunakan untuk kayu bakar atau DIY wood stuff di farm, termasuk tempat mainan anak-anak. Juga kardus bebas lem dan lakban kami buat sebagai penahan gulma di grow bed walking path.

Recycle
1. Ini salah satu yang paling sulit, lakban dan plastik pembungkus dan bubble wrap belum bisa di recycle. Tapi pastikan kardus dihilangkan dulu lemnya atau lakban untuk di recycle.

Rot
1. Pastikan mengomposkan sampah kardus packaging yang sudah habis life cyclenya.

zero waste 27.jpg

I’ll see you next time to shop in GMS local store!

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s