Makan sehat, hemat + dapur zero waste tips 3

Hari ini, tips Dapur Zero Wastenya “Merencanakan Belanja” 

Penting banget untuk merencakanan belanja sebelum keluar dari rumah. Untuk menghasilkan sampah dapur yang paling minim, apa yang akan kita bawa ke dalam dapur alias semua yang berasal dari luar, baik dari kebun sendiri, pemberian orang lain dan paling penting dan paling realistis adalah belanjaan dari luar harus di rencanakan. Dengan merencanakan dimana kita akan belanja, apa opsi wadah untuk belanjaannya akan menentukan seberapa banyak sampah dapur kita.

Seberapa sering dilema kita seperti di bawah ini:
1. Sudah terbiasa belanja ke tempat-tempat mana aja, mau bakul sayur, pasar, belanja insidental pas jadwal ke pasar, giliran liat jualan, yang direncanakan nggak tersedia, akhirnyalah belanja mana-mana yang ada, kudu ganti rencana masakan dadakan, ngitung seberapa banyak yang dibutuhkan diluar kepala, sambil belanja, yuk jujur, seberapa sering sih kita belanja dadakan gini akan tepat belinya, nggak kebanyakan. Biasanya pasti lupa, ada ini n itu nggak ya di dapur, giliran nyampe rumah, nyesel karena udah kedobelan barangnya. Dan seberapa sering bahan masakan kedobelan itu akan diolah? pasti rata-rata akan bosen dengan bahan yang sama, apalagi kalau kita nggak terbiasa untuk kreatif memasak tanpa resep.
2. Belanja dadakan, pas butuh, nggak ngikut menu, pas di tukang sayur atau pasar, liat apa aja, ide menu langsung keluar kayak tetris, ting..ting..ting.. akhirnya belanja dengan mode on tuk jaga-jaga, gimana kalau kurang, gimana kalau tukang sayur besok nyampe lusa nggak datang, gimana kalau, kalau, kalau.. akhirnya belanjanya kebanyakan trus nggak kepake, trus kebuang bahan makanan yang busuk.
3. Belanja ya belanja aja.. dan yang pastinya sebagian besar dari kita, belanjanya masih menghasilkan sampah, karena belanja dikasih kantong belanja dari penjualnya termasuk sampah dari wadah meski wadah ramah lingkungan, misal cabe di bungkus kertas atau daun pisang, kan its ok..

Masalah ini bisa dengan mudah ditangulangi dengan cara:
1. Cari penjual dan hubungi terlebih dahulu.
2. Pre order pesanan jika memungkinkan.
3. Pastikan minta opsi tanpa packaging atau refill. 

Inti dari Dapur Zero Waste itu adalah bagaimana kita menghasilkan sampah dapur seminimal mungkin, baik dari sampah bahan masakan, maupun sampah dari makanan matangannya, sebisa mungkin kita nggak buang-buang makanan.

dapurzerowastetips3.jpg

Dimanapun tempat kami tinggal, kami punya tempat-tempat belanja langganan, minta no telponnya, tuk disiapkan dulu, dengan opsi kantong bawa sendiri, atau dipinjamin kalau pas belinya banyak (maklum keluarga besar). Dengan cara ini, waktu belanja bisa ku pangkas, budget belanja bisa lebih stabil, sampah dari belanjaan bisa minimal. dan disiplin tuk ngikut menu iyaa banget alhamdulillah.

Menu keluarga disusun dengan bahan yang bisa saling menggantikan dan bahan yang tidak mudah rusak dengan tambahan raw salad di setiap sajian masakan adalah tips untuk minim sampah dan meski kedobelan beli, misal kejadian diatas terjadi meski ini super duper jarang (nggak ingat kapan terakhir kejadian), tapi bahan dobelannya nggak akan busuk.

Be Wise Be Mindful  & Walk lightly in your kitchen :-*

Deasi

ps: Nggak peduli seberapa banyak nol di tabungan kita, atau seberapa minim sampah dapur kita, to be mindful with what we eat and waste from the kitchen is helping those who are in lack of food (1/3 of world food is wasted while millions are in hunger!) as well we help to preserved the environment and impacting our zeros in saving account as well our health!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s