Resep Pembersih hari ke 2 (30 hari DIY Zero Waste Cleaner) “Pembersih Kitchen Counter”

Siapa yang meja dapurnya dan kitchen counternya selalu bersih sepanjang hari dan dengan mudah dibersihkan dengan hanya air saja. Anda beruntung kalau kata saya. Tidak seperti itu dengan keluarga besar kami, entah itu di kota atau di farm. Namanya meja dapur alias dan kitchen counter itu selalu sibuk dengan remahan roti, tetesan minyak, keringan kerak gorengan ketika dan selesai menggunakan dapur apalagi setelah menyiapkan makanan. Punya sebotol pembersih kitchen counter semprot-semprot itu handy kataku, alias sangat membantu untuk membersihkan minyak lengket di meja, kotoran membandel dan segala lainnya. Dapur higenis itu tujuan utama kita donk ya, tidak semata dapur itu bersih dan teroganisir. Dan untuk setiap membersihkan dapur ada pembersihnya itu bikin kerjaan tambah mudah, tambah menyenangkan dan bisa bersih sepanjang waktu inshaAllah (asal ketika tidak dipakai sih).

Dilema lainnya, adalah seberapa banyak sampah dari plastik produk pembersih rumah tangga kalau harus ngikut guidelines iklan di luaran? Bisa-bisa untuk membersihkan rumah, kita butuh minimal 10 jenis pembersih buat ini dan itu. Dan belum lagi kebanyakan dari pembersih tersebut toxic alias beracun. Cek label, jangan sampai terhirup, jangan terkena tangan, dll.

Hanya berbekal 1-2 bahan pembersih Alami, kita sudah bisa menjaga rumah tetap higenis, wangi dan ramah lingkungan, super asik lagi karena ini bisa zero waste! Dari mana zero wastenya? sabun bisa beli refill atau bulk dengan wadah yg bisa di reuse atau udah di recyle, (rata-rata wadah pembersih itu mudah direcycle, tapi pastikan dulu sebaiknya), untuk bahan essential oil wadahnya kaca, bisa beli refill bisa direuse dan bisa di recycle. Sisanya, bisa pakai wadah bekas donk ya.. 😉 atau kalau tidak punya beli sekali untuk pakai berkali-kali.

Pembersih Kitchen Counter-Meja Dapur-Kamar mandi dan permukaan sejenisnya

Bahan

  • 1 sdt sabun cair alami, bisa castile soap, vco atau coconut soap, atau  dish wash 
  • 2 gelas (500ml) air
  • 10 tetes essential oil favoritmu pilih yang aromanya tidak mengganggu makanan, anti bakteri, anti jamur, misal tea tree, lavender, lemon/jeruk nipis dan keluarga jeruk lainnya, atau yang paling potent thieves essential oil. Essential oil ini utamanya untuk fungsi disinfectan, kedua untuk menyegarkan dapur, ketiga bisa memberi manfaat ekstra meluruhkan kotoran dan noda.

Cara Membuat

  • Sediakan wadah botol spray 500ml atau yang dimiliki. jar/botol bekas untuk mencampur semua bahan yang kemudian akan disimpan untuk dipakai setiap hari. Dan botol spray untuk penggunaan kapan saja (jika tidak memiliki botol spray besar)
  • Campur semua bahan, kocok hingga tercampur rata.
  • Selalu kocok sebelum pakai karena bahan akan mudah memisah.
  • Pastikan agar botol spray pembersihnya ada di dapur atau di area yang ingin selalu dibersihkan misal setiap sehabis dipakai, se hari sekali, dsb.

Resep ini bisa dibuat resep kecil juga dengan membaginya sesuai proporsi resep.

2017-11-28 14.04.12
Selesai!
Mudah dan murah dan sehat kan 😉

Feel free to share!
Pastiin tunggu cara membersihkan di hari-hari berikutnya.

Kalau ada yang punya resep DIY pembersih sejenis, share juga donk.. agar teman-teman lainnya, bisa nyobain and be more self sufficient in their life!

Greening from November Rain

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s