Resep Pembersih hari ke 3 (30 hari DIY Zero Waste Cleaner) “anti sumbat bak cuci piring”

Cucian piring dan peralatan dapur berminyak, residu sisa makanan, yang semuanya ketika terakumulasi pasti membuat saluran pembuangan di tempat cucian piring tersumbat, termasuk lubang penyaringan residu. Biasanya kotoran bandel ini jadi seperti lendir hitam yang menebal seiring waktu.

Setahu apa kita dengan dilema ini?
Atau kalau tahu sepeduli apa?
Kalau peduli apa kita membersihkan tempat penyaringan cucian piring itu?

Jujur seumur-umur sebelumnya saya nggak pernah melakukannya. Tau masalah ini, gara-gara air cucian susah turun, dan pipa juga airnya jadi susah turun. Awalnya saya mikir, kok bisa mampet ya? (not experiencing = not knowing juga nggak pernah diajari orang tua tentang masalah penyumbatan tempat cucian piring, karena jaman kecil sampai dewasapun nyuci piringnya pake 2 baskom besar. atau tempat cucian piring dengan 2 basin bukan yang versi tempat cucian stainless steel.

athlone-butler-sink-victorian-plumbing.jpg
foto : https://www.homebuilding.co.uk/

Ide pembersih ini muncul ketika ada teman keluarga yang datang berkunjung, dan saking nggak bisa diamnya, dia minta ijin untuk membersihkan kamar mandi (yang memang sudah waktunya dibersihin). Amazingnya, dia nggak meminta pembersih keramik, kerak, lantai, dsb seperti standard pembersih rumah modern. Yang diminta cuma: Cuka putih, baking soda, citric acid. Mulailah mbakku ini (beliau lebih tua dari saya) merebus air (sampai mendidih) dan membuat campuran (lebih dari 1 resep) sebagai peralatan tempur bersih-bersihnya. Saya nggak percaya melihat hasil yang jauh lebih bersih dari pembersih sintetis, super bersih dan berkilau dan kerak juga luntur! (ngomongin kerak dan noda balik sama seberapa parah kondisi keramik/permukaan) di resep-resep berikutnya ada juga resep untuk pembersih noda dan kerak, tapi saya nggak menjamin keramik bisa kembali seperti baru, karena keramik tua tidak bisa berkilau seperti keramik baru (saya alami juga hal yang satu ini, dengan keramik yang usianya sudah hampir seusia saya).

So here’s one of the recipe inspired by mbakku yang namanya aja aku udah lupa 🙂 ingatnya si mbakku ini tomboy banget! pake baju aja baju kamo, rambut disemir alias pirang, sukanya pake topi 🙂

Anti sumbat bak cuci piring
Pembersih satu ini mengingatkanku mainan science stuff! ^_^
Bahan:
1 cup baking soda
1 cup/250ml cuka putih/cuka makan
2 cup/500ml air mendidih

Ukuran cup = 1 cup adalah 250ml

Cara Menggunakannya:
1. Tuangkan baking soda ke lubang bak cuci piring stainless/kitchen sink
2. Ikuti dengan menuangkan cuka putih ke dalam lubang, dan biarkan larutan bekerja untuk memecah kotoran dan minyak
3. Tunggu sekitar 10-15 menit tergantung tingkat kotoran yang diperkirakan, besar pipa dan berapa lama tidak dibersihkan.
4. Tuangkan air mendidih ke dalam lubang untuk mengelontorkan/flushing kotoran yang menempel di lubang bak cucian piring dan pipa.

2017-11-29 13.44.31

 

Tips ekstra!
Seminggu 1-2 kali tergantung seberapa sering kalia tempat cucian piring untuk bersih-bersih, buat larutan garam krosok sebanyak 1/2 gelas campur/larutkan dengan 1 gelas air dan tuangkan ke bak cucian piring untuk menggelontorkan kotoran minyak dan residu agar tidak terakumulasi.

Campuran baking soda untuk pembersih diatas, ideal digunakan 2 minggu hingga sebulan sekali, tergantung tingkat pemakaian tempat cucian piringmu.

Reminder!
Tidak semua larutan anti sumbat dibuat sama 😉
Membersihkan kotoran yang lumayan bandel sejenis ini bisa dibersihkan dengan pembersih berbahan kimia sintetis, yang hasilnya? saya tidak tahu 🙂 karena belum pernah menggunakannya. Tetapi kalau membaca komposisinya, dengan menggunakannya sama juga dengan kita: mencemari air tanah, tanah, ekosistem yang ada di selokan yang ada disana untuk menguraikan limbah yang utamanya keluar dari setiap rumah kita, termasuk uapnya bisa masuk ke dapur kita juga dan membuat rumah jadi salah satu tempat ideal untuk hidup yang toxic.

Selesai!
Mudah, murah, lebih sehat dannnn Super Lebih Ramah Lingkungan dan minim sampah kan? 😉

Feel free to share!
Pastiin tunggu cara membersihkan di hari-hari berikutnya.

Kalau ada yang punya resep DIY untuk pembersih sekitar rumah tangga, share juga donk.. agar teman-teman lainnya, bisa nyobain and be more self sufficient and live a less toxic life in everyday!

Greening from November Rain
Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s