Mengapa kita harus bebas energi fosil?

5 tahun yang lalu kami memulainya, 100% kami hanya menggunakan sumber energi terbaharui. Dan ini semua karena kami tahu ini adalah cara terbaik untuk keberlanjutan bumi ini. Satu-satunya cara dari penyediaan sumber energi yang akan baik untuk anak cucu kami nanti.

23779420235_3da335d8dd_o-1

Satu masalah kaitannya dengan sustainability yang sangat jarang mau dilirik orang untuk dipedulikan adalah masalah ketersediaan energi.

Teman-teman pasti sudah tahu kalau energi fossil atau energi yang tidak bisa diperbaharui seperti dari fosil dinosaurus itu (becanda, kan banyak tuh sumber fossil bukan dino aja), sudah tidak mencukupi lagi untuk keberlanjutan bumi ini.
Arti energi tidak mencukupi itu kemana sih dampaknya:
1. Kita nggak bisa lagi kemana-mana pakai kendaraan bermotor pakai bensin atau solar. Karena harga akan sangat mahal, bahkan suatu waktu akan habis artinya mobil motor kamu akan mangkrak jadi besi tua.
2. Mobilisasi untuk kebutuhan masyarakat seperti pangan, sandang kesehatan, papan akan sangat terganggu. Bayangin nunggu kereta kuda datang bawa obat-obatan ke yang sakit? atau gerobak sapi bawa sayuran dari desa ke pasar dan kamu naik sepeda ke pasar seperti jaman dahulu? dan juga jumlah masyarakat sudah terlalu banyak, gerobak sapi nggak sebesar dan sekuat mobil box atau truk antar kota! artinya bakal banyak yang kelaparan, sakit ngk tertolong, rumah rusak susah diperbaiki.
3. Toko online? mati semua donk.. siapa juga mau beli ongkir mahal, terus mobil ngk ada bensin mo ngantar paket.
4. Banyak lagi hal lainnya.

Nah ini dari satu sisi saja ya.. dampak dari kondisi ketersediaan energi fosil (tidak bisa diperbaharui). Sekarang saya sharing dampak dari sisi lainnya tentang energi fossil. Energi fossil yang ada, sudah terlalu merusak bumi, salah satunya adalah produksi karbondioksida ke atmosfir yang kadarnya sudah di atas ambang batas normal! Nah kemana sih dampak kalau sudah di atas ambang batas normal? Dampaknya ke perubahan iklim, dan perubahan iklim ini bukan cuma ke misal sekarang dimana-mana tambah dingin, atau musim kemarau dan musim hujan nggak pasti-pasti.
1. Musim menjadi tidak pasti
2. Banjir
3. Tornado
4. Gelombang udara panas (heat wave)
5. Banyak lainnya.

Mungkin kita-kita yang di Indonesia apalagi masyarakat urban perkotaan nggak seberapa menyadari dampak dari perubahan iklim ini atau mungkin sadar tapi masa bodo (jangan ya please).

Negara-negara lain yang tidak berada di garis katulistiwa sudah sangat merasakan dampak perubahan iklim kaitannya dari penggunaan sumber energi fosil yang sangat mengancam keberadaan mereka (hingga pulau-pulau sudah mulai tenggelam). Jangan tunggu kepulauan Indonesia habis ya! Dan jangan mikir, kan itu nanti mungkin cicit kita, seegois itukah kita mikirin diri sendiri, dan membiarkan orang lain menderita? jangan ya.. ๐Ÿ™‚

ff-decoalonize-ghana-450x300

Kita sadar nggak kalau harga hasil tani atau peternakan termasuk hasil laut naik terus itu bukan saja karena inflasi?

Iya bukan karena inflasi saja, tetapi karena memang petani, peternak, nelayan itu kesulitan untuk mendapatkan hasil alam yang sebaik biasanya. Karena perubahan iklim, hama menjadi lebih banyak, tanah tidak subur, nelayan tidak bisa melaut, dan banyak implikasi lainnya. Pun hingga ke benih tidak akan tumbuh dengan sehat, atau tidak germinasi/tumbuh sama sekali diluar musimnya, ataupun jika tumbuh tidak akan sehat bahkan tidak akan berbuah, dan mudah diserang hama. Kalau sudah begini kita makan apa? kamu makan apa?

Itu satu hal saja kaitannya dengan sumber makanan dan perubahan iklim. Fauna kita juga sangat menderita dan sangat terganggu keseimbangannya karena perubahan iklim tersebut.

26948154746_8c2b8c7365_k-450x300.jpg

Duh saya ngomonggnya sudah kepanjangan deh ๐Ÿ™‚

Bottom linenya, implikasi dari penggunaan sumber energi fosil itu selain nggak cukup juga merusak lingkungan! dan mahal! darimana coba semua energi itu sumberdananya? dari uang kita, dan dari utang-utangan negara. Kenapa juga kita nggak mulai berpikir dan berganti ke energi yang bebas fosil?
Nah ada nggak sih alternatifnya?
Banyak!
Ada energi dari matahari (surga banget buat kita di garis katulistiwa)
Ada energi angin
dan
Ada energi air (untuk daerah-daerah yang ada aliran airnya atau curah hujannya tinggi).

maldives-solar-mohamednasheed-451x300.jpg

Mudah nggak sih kita tuh bertransisi?
Mudah, kalo mo dibuat mudah, semudah beli motor!
Dan akan lebih mudah lagi kalau ditiap daerah orang-orangnya mulai bergerak untuk menggunakan energi terbarukan.

5 tahun lalu kami memulai untuk menggunakan energi terbarukan “off grid” baik dari matahari dan angin. Tidak mudah untuk belajar, tapi tidak ada kata tidak bisa. Dan sekarang. Kami membuktikan, bahwa menggunakan energi terbarukan itu bisa dilakukan semua orang, bahkan pada skala keluarga pun tanpa bantuan teknis ahli listrik.

1376595_1508180629437375_4959280449521749900_n.jpg
Suami memasang solar panel di atap salah satu bangunan kamiย 
Atap surya
Set up sumber energi 5thn lalu ketika kami baru pindah dan sedang mendirikan bangunan permanen.

You can do anything you want if you put your heart and energy into it.
Satu lagi,

Pemerintah sebenarnya sudah mencanangkan masa transisi dari energi yang tidak bisa diperbaharui ke yang bisa diperbaharui ditargetkan pemanfaatan energi bersih dan terbarukan sebesar 23% dari bauran energi nasional pada tahun 2025, akan tetapi saat ini capaiannya baru sebesar 6-7%.ย Kalau menunggu pemerintah saja, seperti hal lainnya, akan sangat lama untuk terealisasi. Masyarakat punya kekuatan untuk berubah, dan berubahnya negara itu bukan dari pemerintahnya, justru dari kekuatan masyarakatnya.
Untuk detail belajar lebih banyak untuk memulai energi terbarukan ini, silahkan baca-baca di link ini ya ๐Ÿ™‚
Dan ayo memulainya!

Ayo bikin kota-kota kita, desa-desa kita menggunakan energi yang bersih energi yang terbarukan.

Untuk kita dan untuk anak cucu-kita dan keberlanjutan kehidupan yang layak di bumi ini ๐Ÿ™‚

Deasi

ps: Sekarang pr kita semua, ayo mulai bergerak, pilih energi bebas fosil, share dengan teman-teman lainnya tentang kepedulian ini.

pps: untuk lengkapnya pastikan kalian main ke websiteย go fossil free Indonesiaย untuk bisa cari tahu lebih banyak, belajar lebih banyak and think about it.

ppps: Saya tidak dibayar untuk sharing-sharing seperti ini. We share because we care. Hidup sustainable yang layak itu bukan untuk keluarga saya saja, tetapi untuk semua manusia dan isinya, dan tidak bisa saya sekeluarga saja yang berbuat sesuatu, butuh semua orang untuk merubah pilihannya dan berbuat sesuatu secara signifikan.

#energiterbarukan #bebasenergifosil #fossilfree #Indonesiabebasenergifosil

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s