Apa sih perlunya kita mengomposkan sampah organik rumah tangga? +caranya

Selamat pagiii ๐Ÿ™‚
Sambil sarapan (abis nulis sarapanne wis mari) haha ๐Ÿ˜…
Saya sharing salah satu hal yang paling sering ditanyakan adalah seputar kompos dari sampah organik.
ย 
Untuk yang belum tahu untuk apa sih kompos itu?
1. Mengembalikan tanaman ๐Ÿฅ—๐ŸŒฎ๐Ÿฅ™dan hewan ๐Ÿ‚๐Ÿ”๐Ÿ“๐Ÿฃ๐Ÿค๐Ÿฅ๐Ÿฆ๐Ÿฐyang sudah menyelesaikan fungsinya pada ekosistem kembali ke tanah (bayangkan kalau semua tanaman dan hewan yang pernah menghuni bumi ini dan tidak menjadi kompos, seberapa banyak sampahnya? Gunung himalayan pasti kalah tinggi dibanding tumpukan bangkai dinosaurus aja, atau batang pohon pete?
2. Mengembalikan nutrisi yang ada di ex tanaman atau ex hewan (ex = bekas) untuk kembali menutrisi tanah.
3. Nah nutrisi tanah itu kemudian dipakai lagi untuk tanaman dan hewan untuk tempat tumbuh, jadi nutrisi juga jadi makanan mereka juga dan kita pada akhirnya untuk bisa hidup lewat tanaman dan hewani yang kita konsumsi sebagai bahan makanan.
4. Kalau buat kita-kita yang dikota, ๐Ÿš๏ธ๐Ÿš๏ธ๐Ÿค๐Ÿ˜๏ธkompos ini adalah media kita untuk bercocok tanah sayuran agar sayurannya produktif.
5. Kompos juga membantuk tanah agar memiliki struktur yang lebih ideal untuk ditinggali microorganisme yang multicomplex agar hidupnya bisa super sehat untuk menunjang rantai di ekosistem lainnya.
Kurang lebih itu aja yang penting.
ย 
Nah sekarang,
Apa sih KOMPOS itu?
Bahan organik yang asalnya dari tanaman, hewan yang terurai oleh alam dan kembali menjadi tanah
ย 
Kalau sudah tau fungsi dan apa itu kompos
ย 
Pertanyaan BESARnya,
Buat apa kita orang kota harus musingin kompos? selain klo kita mo nanam sayuran?
1. Karena kita semua nih, yg tinggal dikota, punya tanggungjawab paling besar dari semua masyarakat dibumi ini, karena menghasilkan sampah organik yang kemudian tidak kita kembalikan ke alam, tidak kita jadikan kompos, dan kita minta orang lain/pemerintah untuk bertanggungjawab atas sampah organik kita.
2. Sampah organik yang kita timbulkan ini jadi masalah baru di TPA karena tidak bisa terkomposkan/terurai dengan mudahnya karena akumulasi yang besar dan nyampur pisan sama sampah yang bukan organik kayak kaleng, sedotan plastik, kantong kresek, you name it.
3. Pada tahu nggak dampah sampah organik ke alam yang nyampur dengan sampan non organik? salah klo kamu pikir bau doangggg!!! dan solusinya tinggal klo lewat tempat sampah depan rumah yg blm diambil sama petugas atau ada mobil sampah lewat kita tinggal mencet idung? atau nyangoni essential oil buat emergency? Dampak sampah organik salah satu yg terbesar adalah gas methane, wes google sendiri apa itu dan dampaknya.
4. Kita punya tanggung jawab untuk mengembalikan nutrisi dari apa yang kita makan kembali ke tanah agar tanahnya bisa terus subur dan bisa ditanami. Caranya lewat mengkomposkan sisa bahan organik yang kita konsumsi. Tanah itu nggak terbentuk setahun dua tahun lho, tapi jutaan tahun! Kata lainnya kita mengkonsumsi tanah jauh lebih cepat dari tanah itu terbentuk ๐Ÿ˜ฆ artinya kalau saya, kamu nggak ngapai2in sama sampah organik rumah tangga (dibuang aja ke TPA), kita akan kelaparan dalam waktu dekat. Saya udah siap2 punya farm dan berkebun, nah kamu? udah ngapain aja?
ย 
Untuk yang ingin bercocok tanam di kota kompos bikinan sendiri jadi gratis + kamu nggak lagi menyumbang sampah organik buat nambah-nambahin beban bumi untuk mengolahnya agar kembali ke alam. ๐ŸŒฑ๐ŸŒฒ๐ŸŒณ๐ŸŒฟ๐ŸŒพ๐ŸŒด
ย 
Dan untuk yang nggak pengen nanam, tetap aja kamu kan punya tanggung jawab juga, hasil komposnya donasikan ke saya hehe (seriusan GMS nerima donasi kompos) atau ke petani terdekat, atau kasih ke kebun RT, RW, atau ke teman yang suka berkebun.
ย 
Yang mau belajar cara bikin kompos, ini videonya :
Cara membuat Komposter Takakura : https://www.youtube.com/watch?v=SYI_CKcKdKg
Cara mengorganisir Komposter Takakura : https://www.youtube.com/watch?v=IJiz7eU1eZI
Panen Kompos Dari Komposter Takakura: https://www.youtube.com/watch?v=Jov2sioI370
ย 
Ps: Koleksi komposter takakura di Green Mommy Shop pas lagi dipanen (kami nggak nyumbang sampah organik ke TPA dari proses produksi dan jejualan GMS)
Komposter Takakura
Advertisements

2 thoughts on “Apa sih perlunya kita mengomposkan sampah organik rumah tangga? +caranya

  1. mom, saya tinggal di bandung. dan akhir2 ini sy mulai beralih untuk less waste, apalagi plastik. rumah saya tidak punya halaman yang bertanah, tapi ada pekarangan saja untuk parkir kendaraan. saya tertarik sekali untuk punya komposter ini. biar sampah organik gak usah sampe ke tkp. percuma sampah dipisah-pisah tapi petugas sampah yang angkut malah dicampur saja. atau saya pisah yang organik tapi alasnya masih pake kantong plastik. kan sedih ya mom. pertanyaan saya, apakah mommy tahu dimana tempat jual komposter di Bandung plus jasa instalasinya? jujur saya kalau mau bikin sendiri, sy gak bakat pertukangan (selain sibuk juga). saya pingin yang langsung jadi aja, biar buang sampah organiknya disitu langsung. nanti kalau komposnya bisa saya bagi2 ke tetangga yang punya halaman tanah,hehe. mohon bantuan infonya ya mom,,,,,sy sudah gugling2 tapi gak nemu2 ini yang jual plus install (ada sih, tapi di bali, gak ada yang di bandung). matur nuhun moooom

    1. Untuk di Bandung saya kurang tahu mb, kalau di Malang ada teman saya mb Kristien Yuliarti coba inbox beliau via fb atau instagram, beliau menjual dan mengajarkan cara untuk bikin komposter takakura. Saya pakai ini termasuk untuk home industri kami, dan sukses bisa nggak menghasilkan sampah organik karena semua jadi kompos, meski harus lumayan punya sampai 8 komposter takakura.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s